Persija Melenggang ke Semifinal, Usai Tundukkan PSM Melalui Adu Penalti
Pemain Persija nomor punggung 66 Alfath Faatier saat membawa bola dikawal pemain PSM (Foto dari Antara)

Bagikan:

Piala Menpora 2021 leg kedua semifinal digelar di Stadion Manahan, Solo, pada hari Minggu 19 April. Persija Jakarta melenggang ke babak final setelah menundukkan PSM Makassar 4-2 melalui adu adu penalti.

Laga antara Persija menghadapi tim ayam jantan dari timur tersebut terjadi secara sengit. Keduanya sama-sama kuat sejak awal pertandingan. Karena pada leg pertama semifinal di Stadion Maguwoharjo pada Kamis silam menghasilkan skor seri, kedua tim mengusung misi kemenangan pada leg kedua.

Anak asuh mantan bek nasional, Sudirman, bermain agresif pada babak pertama. Serangan langsung dilancarkan pada pemain sayap kanan Riko Simanjutak dan ujung tombaknya, Marko Simic.

Penguasaan bola pun dipegang oleh Persija pada 15 menit babak pertama. Namun,PSM tampil dengan pertahanan yang sangat kokoh sehingga sulit untuk diterobos Marko Simic dan rekan-rekan.

Persija Masih Menguasai Pertandingan pada Babak Kedua

Sementara PSM bermain dengan taktik sebaliknya. Mereka lebih sering bertahan di belakang sambil melihat celah dari lawannya. PSM menggunakan strategi serangan balik lewat Patrich Wanggai dan Yakub Sayuri. Serangan balik yang cepat cukup membuat garda belakang lawan kelabakan.

Memasuki paruh kedua, Persija masih dominan menggempur tim berjuluk Juku Eja. Persija masih menguasai permainan pada babak kedua, namun tetap belum bisa menjebol pertahanan PSM yang berjaga dengan sangat disiplin.

PSM mendapat satu-satunya peluang di babak kedua pada menit 88 melalui tendangan keras kaki Yakob Sayuri, tetapi mampu ditepis kiper Andritany, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru untuk PSM.

Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan antara Persija melawan PSM, yakni Apprisman Aranda asal Sumatera Barat meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir dengan adu tendangan penalti.

Lima Pemain PSM Makassar Gagal Eksekusi Penalti

Pada adu tendangan penalti Persija berhasil menghasilkan 4 gol dari 8 pemain yang mengeksekusi yakni Rohit Cand, Yann Motta, Anthoni Klak, dan Toni Sucipto. Sedangkan, pemain Persija yang gagal adu penalti, yakni Marko Simic, Novri Setiawan, Sandi Darma Sute, Riko Simanjutak.

Adapun tiga gol PSM Makassar dicetak oleh yang Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, Sutanto Tan, sedangkan lima penendangan yang gagal menghasilkan gol yakni Abdul Rahman, Yakup Sayuri, Zulham Zamrun, Saldy, dan Zulkifli Syukur.

Pada laga final, Persija Jakarta menunggu pemenang antara PSS Sleman melawan Persib Bandung. Tim Maung Bandung untuk sementara diuntungkan setelah pada laga leg pertama semifinal menang 2-1.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .

Terkait