Kebiasaan Baik Membersihkan Wajah, Namun Ternyata Tisu Pembersih Makeup Punya Segudang Bahaya
Ilustrasi peralatan makeup (Anderson Guerra/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Aktivitas rutin yang biasanya dilakukan kaum wanita saat pulang beraktivitas adalah menghapus riasan. Makeup cleanshing wipes atau tisu pembersih riasan biasanya dijadikan langkah cepat menghapus riasan. Tisu pembersih wajah memang praktis dan tidak makan banyak waktu. Namun, sebaiknya tinggalkan pemakaian pembersih wajah ini. Mengapa? Sebab Ada bahaya tisu pembersih  makeup .

Mungkin sulit untuk menghapus tisu penghapus makeup praktis dari rutinitas  perawatan kulit  sehari-hari. Bentuknya yang ringkas ramah  perjalanan . Tapi tidak percaya, tisu pembersih wajah ternyata tidak baik untuk kulit maupun lingkungan.

Membuat Kulit Iritasi

Pernah terpikir tidak, mengapa tisu pembersih  makeup  tetap wangi dan basah tanpa kontaminasi bakteri? Yup, itu karena terdapat kandungan pewangi dan pengawet. Seperti yang kita tahu, keduanya adalah bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit dan tubuh. Bahan tersebut, termasuk surfaktan dan emulsifier, dapat meningkatkan risiko inflamasi dan masalah kulit lainnya jika tidak melanjutkan proses dengan pembersih lainnya.

Membuat Kulit Keriput

Bagian mana yang perlu digosok ekstra saat menghapus  makeup ? Maskara? Yayasan ? Ingat, mengusap wajah terlalu keras saat membersihkan dengan tisu penghapus makeup dapat menggores kulit. Lebih parah, dapat memicu munculnya keriput dan hiperpigmentasi. Tentu saja ini bukan hal yang Anda harapkan dalam penggunaan tisu pembersih wajah.

Menimbulkan Breakout

Sebuah kesalahan besar jika mengangkat riasan hanya dengan tisu pembersih wajah. Tisu tidak secara keseluruhan menghapus riasan dan kotoran di wajah. Hanya tisu yang bisa meninggalkan sisa bahan kimia di kulit. Sisa  makeup  dan kotoran yang tertinggal bisa menyumbat pori-pori. Sehingga pada akhirnya  breakout  dan munculnya jerawat.

Mencemari Lingkungan

Tisu pembersih makeup adalah sekali pakai. Sudah kotor, langsung buang. Bahaya tisu pembersih riasan lainnya. Tisu biasanya terbuat dari poliester, polipropilen, kapas, pulp kayu, atau serat rayon yang mana butuh 100 tahun untuk menghancurkan satu lembar tisu dan hanya jadi limbah pencemar lingkungan. Sudah berapa banyak tisu pembersih yang Anda buang selama ini?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .