Apakah Anda dan Pasangan Sudah Menciptakan Hubungan yang Sehat, Kenali 9 Tanda Ini
Ilustrasi tanda hubungan berpasangan yang sehat (Unsplash/Bruce Mars)

Bagikan:

PALEMBANG- Anda dan pasangan perlu memiliki hubungan yang sehat agar tercipta jalinan cinta yang harmoni. Memiliki hubungan yang sehat  tidak berarti tanpa perbedaan atau setuju dengan semua pendapat dan keputusan pasangan. Justru karena memiliki tingkat kedewasaan cukup, pertengkaran dan perdebatan berlangsung sehat.

Meskipun definisi kedewasaan cukup luas namun dalam batas kematangan psikologis. Berikut, sebagai bahan refleksi, daftar 9 tanda hubungan yang sehat.

  1. Menghadapi perbedaan

Cara menghadapi perbedaan bagi orang dewasa tentu akan lebih bijak. Perbedaan dalam berpendapat antara Anda dan pasangan, bisa diatasi dan dihadapi dengan jelas. Dengan begitu silang argumentasi berjalan sehat dan tidak melelahkan.

  1. Argumentasi menghasilkan sesuatu yang produktif

Bertengkar yang membuat hubungan semakin harmonis ialah dengan tukar argumentasi yang bersifat produktif. Artinya tidak saling menjatuhkan tetapi mendukung dan menghormati satu sama lain.

  1. Saling percaya

Satu hal yang mengurangi intensitas pertengkaran adalah rasa saling percaya. Pertengkaran karena telat pulang, lama membalas pesan elektronik, hingga lupa memberi kado pun bukan jadi pencetus keretakan hubungan.

  1. Tujuan masing-masing berjalan lancar

Bukan kah setiap orang memiliki tujuan dalam hidupnya? Atau cita-cita hingga jenjang karir yang ingin dicapai. Apabila Anda dan pasangan punya hubungan yang matang, maka masing-masing bisa tersenyum cerah ketika mengejar mimpinya.

  1. Tidak ada penyesalan

Meskipun pasangan bukan pasangan romantis, menurut Anda, tetapi ada hal-hal lain yang membuat Anda bersyukur ketika bersamanya.

  1. Komunikasi berjalan dengan baik

Anda dan pasangan yang punya hubungan harmonis bisa membicarakan topik apa saja tanpa khawatir memicu masalah. Bahkan mengkomunikasikan rencana ke depan dan ide-ide mendatang tanpa ada rasa takut diinterogasi atau dihakimi.

  1. Saling menghormati

Yang paling terlihat pada pasangan yang menjalin hubungan dewasa adalah rasa saling hormat. Menerima nilai-nilai yang dipegang masing-masing dan menghargai perasaan satu sama lain.

  1. Saling merindukan

Apakah Anda atau pasangan saling merindukan ketika dalam hitungan jam tak berjumpa? Meskipun Anda menikmati  waktu sendirian, tetapi tak sabar untuk berjumpa dengan pasangan lagi.

  1. Benar-benar mencintai

Tanda yang terakhir ini sebenarnya yang paling sulit dijelaskan. Sebab makna cinta bagi setiap pasangan akan berbeda-beda. Tetapi cinta yang sesungguhnya dapat Anda dan pasangan rasakan ketika terikat dalam hubungan yang sehat.

Berapa poin yang Anda dan pasangan sudah punya? Jika semua, maka sempurna.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 9 Tanda Hubungan yang Sehat, Anda dan Pasangan Melakukan Hal Ini?. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.