Idaman Banget, Ini 9 Tanda Hubungan Percintaan Anda Kuat dan Sehat
Ilustrasi tanda hubungan percintaan kuat dan sehat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hubungan percintaan yang kuat dan sehat dibangun dari berbagai aspek. Tidak hanya saling hormat dan keintiman emosional, tetapi juga bagaimana dua orang yang berhubungan romantis bisa merasakan bagaimana bermaknanya satu sama lain. Penting dipahami, hubungan yang kuat dan sehat bukan berarti tak punya masalah. Tetapi bagaimana Anda dan pasangan mencari solusi yang tepat. Menurut psikolog dan penulis Jeffrey Bernstein, Ph.D., berikut tanda hubungan percintaan yang kuat dan sehat.

1. Komunikasi

Komunikasi yang membangun hubungan memuaskan adalah yang jujur dan terbuka. Jika Anda dan pasangan bisa mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kebutuhan tanpa takut dihakimi, itu petanda positif. Artinya, Anda dan pasangan tidak menjatuhkan satu sama lain atau dalam pola komunikasi yang saling membangun.

2. Terhubung secara emosional

Bernstein mengatakan, banyak pasien menemuinya dalam sesi konseling, mengeluh bahwa mereka kehilangan rasa koneksi dengan pasangannya. Ini merupakan pertanda hubungan percintaan tidak kuat dan sehat. Sebaliknya, terkoneksi secara emosional dengan pasangan, sangatlah penting. Ini ditandai dengan merasakan pengertian, dukungan, dan keintiman medalam dengan pasangan Anda.

tanda hubungan percintaan kuat dan sehat
Ilustrasi tanda hubungan percintaan kuat dan sehat (Freepik)

3. Rasa hormat

Rasa hormat dalam hubungan percintaan itu penting. Jika kedua orang yang berpasangans aling menghormati, artinya mengenali batasan, mendengarkan pendapat, dan menghormati individualitas satu sama lain. Hal tersebut berkontribusi dalam hubungan yang sehat dan memuaskan.

4. Memiliki tujuan dan nilai bersama

Pasangan yang memiliki tujuan dan nilai bersama, akan menciptakan persatuan. Selain itu, juga menciptakan keselarasan dalam aspek fundamental. Hal ini juga mendukung kepuasan dalam hubungan.

5. Menciptakan lingkungan yang saling mendukung

Hubungan yang memuaskan saling mendukung satu sama lain. Jika pasangan mendukung pertumbuhan pribadi Anda, dan selalu ada selama tantangan menerpa, itu adalah hal yang bermakna.

tanda hubungan percintaan kuat dan sehat
Ilustrasi tanda hubungan percintaan kuat dan sehat (Freepik/drobotdean)

6. Keintiman fisik

Keintiman fisik merupakan aspek penting dalam banyak hubungan romantis. Jika kedua pasangan puas dengan tingkat keintiman fisik dan merasakan hubungan melaluinya, hal ini berkontribusi terhadap kepuasan.

7. Waktu berkualitas

Menghabiskan waktu berkualitas bersama sangatlah penting. Jika Anda berdua memprioritaskan dan menikmati menghabiskan waktu bersama, hal itu menambah kepuasan hubungan secara keseluruhan.

8. Memungkinkan pertumbuhan dan kemandirian individu

Alih-alih protektif dan membatasi, hubungan percintaan yang kuat dan sehat memungkinkan pertumbuhan setiap individu. Selain itu, hubungan yang sehat juga memungkinkan setiap orang mandiri secara individu. Meskipun memiliki cita-cita personal, karena saling mendukung besar kontribusinya pada hubungan yang utuh.

9. Mampu menyelesaikan konflik

Jika Anda dan pasangan menyelesaikan konflik dengan penuh hormat dan menemukan solusi bersama, ini menunjukkan hubungan yang sehat. Menurut Bernstein, cara Anda menangani konflik sangat penting. Artinya, tidak mementingkan diri sendiri tetapi bagaimana menemukan solusi berdua untuk mengatasi masalah.

Sebagai penutup dari penjelasan tentang tanda hubungan percintaan yang kuat dan sehat, penting dipahami satu hal. Bahwa kebahagiaan secara keseluruhan dalam hubungan penting bagi kesejahteraan. Ketika cinta meredup, penting untuk saling mendukung guna menyalakan kembali hangatnya api cinta.