Hati-hati! Berikut Cara Mengetahui Skincare Palsu yang Berbahaya Bagi Kulit
Ilustrasi skincare (Sora Shimazaki/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kasus perseteruan antara artis Kartika Putri dengan dr. Richard Lee melanjutkan penangkapan dr.Richard Lee di rumahnya pada Kamis, 12 Agustus 2021. Perseteruan ini bermula dari dr. Richard terkait produk skincare Kartika Putri dan menyatakan jika produk tersebut mengandung senyawa berbahaya bagi kulit. 

Tak terima dengan pernyataan tersebut, Kartika Putri pun kemudian menempuh jalur hukum untuk menuntut nama baik produk perawatan kulitnya yang telah tercoreng karena  review  jujur ​​dari dr. Richard.

Perawatan kulit memang jadi salah satu fokus kaum wanita milenial saat ini. melihat tinggian masyarakat terkait penggunaan perawatan kulit, membuat oknum-oknum untuk asal-asal-asalkan memilih kandungan perawatan kulit asal dapat memberikan efek dan melembapkan. 

Disini, konsumen pun menonton untuk cerdas menjatuhkan pilihan pada perawatan kulit yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan kulit saja, tapi juga perlu mengetahui dan memastikan jika perawatan kulit tersebut aman dan memiliki izin edar.

Agar Anda tidak salah menentukannya, berikut 4 cara yang bisa diterapkan untuk mengetahui produk perawatan kulit palsu, dilansir dari laman Herstory, Jumat, 13 Agustus.

Aroma yang Pekat

Beberapa produk memang ada yang aroma agar bisa memberikan sensasi relaksasi atau menunjukkan jika ada kandungan bahan alami yang digunakan seperti aroma rose.

Namun, jika aromanya yang pekat dan justru perlu diberi tanda tanya. Produk perawatan kulit palsu akan mengeluarkan aroma yang menarik karena adanya tambahan bahan kimia dari logam yang akan ditutup dengan aroma wewangian pekat oleh oknum nakal tersebut.

 Mengecek Nomor Edar Resmi dari BPOM

Sebelum membeli, Anda juga harus memastikan jika produk tersebut lolos uji klinis dan memiliki nomor izin edar yang tercatat di BPOM. Bukan hanya memeriksa merek saja, setiap produk pun harus diperiksa. Anda bisa mengeceknya melalui laman resmi di cekbpom.pom.go.id 

Warna yang Mencolok

Warna yang mencolok harus segera diwaspadai. Bisa jadi produk tersebut menggunakan pewarna tekstil yang tentunya berbahaya bagi kulit. biasanya produk palsu memiliki warna kuning atau putih mengkilap. Memang bisa memberikan efek putih lebih cepat, tapi kalau malah bisa membawa gangguan kesehatan lain di kemudian hari. 

Tekstur yang Lengket

Produk untuk krim biasanya memiliki tekstur lengket dan jika didiamkan akan memisahkan bagian padat dengan minyaknya. Hasil, produk sulit untuk di  blend  karena teksturnya seperti lem.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Jangan Asal Pilih, Begini Cara Mengetahui Perawatan Kulit Palsu yang Berbahaya Bagi Kulit . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .