Cari Tahu Skincare yang Cocok dengan Kulit Anda? Perhatikan Tanda-tanda Berikut
Ilustrasi perawatan kulit wajah (Kalos Skincare/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada banyak sekali produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Kita pun sampai dibingungkan ingin memilih yang mana. Namun tidak semua produk-produk tersebut cocok dengan kulit wajah Anda. Perlu waktu dan biaya tentunya untuk mengetahui mana produk perawatan kulit yang tepat dan mana yang tidak. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui jika produk skincare cocok atau tidak dengan kulit Anda? Berikut tanda-tanda umum yang perlu Anda perhatikan.

Kulit kering dan mengelupas

Efek yang sering muncul setelah pemakaian produk perawatan kulit baru adalah kulit kering hingga mengelupas. Biasanya ini terjadi saat Anda menggunakan serum atau moisturizer berbahan dasar aktif retinoid. Jika reaksi kulit kering dan mengelupas terjadi berlebihan, ini bisa jadi tanda perawatan kulit Anda yang tidak cocok.

kulit

Muncul tanda muncul di kulit setelah menggunakan skincare? Ini juga bisa berarti kulit tidak cocok dengan salah satu bahan aktif dalam perawatan kulit. Biasanya, terjadi karena kandungan produk perawatan kulit yang digunakan terlalu keras sehingga menimbulkan efek kulit terbakar.

Warna kulit tidak merata

Bintik hitam atau beberapa area kulit menjadi gelap tidak menandakan penuaan kulit. Faktanya, ini bisa menandakan skincare yang kurang cocok. Kondisi ini biasanya muncul sebagai efek samping dari bahan untuk kulit, seperti asam kojic, alpha arbutin, dan hidrokuinon. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan penggunaannya kemudian konsultasikan ke dokter.

muncul

Salah satu tujuan penggunaan perawatan kulit yaitu menghilangkan jerawat. Namun, jika Anda sudah menggunakan perawatan kulit selama berminggu-minggu dan jerawat tak kunjung hilang, justru semakin banyak, inilah tanda perawatan wajah Anda tidak cocok untuk kulit.

Jerawat timbul akibat penggunaan perawatan kulit, disebabkan kinerja perawatan kulit yang tidak optimal dalam menghilangkan kotoran dan sebum berlebih pada kulit Anda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.