Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar: Bumbunya Vibes Iduladha Banget!
Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilihan bagian daging kambing sangat menentukan rasa dan tekstur hidangan sate. Jika dagingnya dipilih dengan benar, hasilnya bisa empuk, enak, dan bumbunya terserap sempurna. Umumnya daging yang digunakan adalah daging kambing muda karena lebih empuk dan empuk. Lalu seperti apa bumbu sate kambing sebelum dibakar?

Pasalnya, Anda juga bisa membungkus daging kambing menggunakan daun pepaya sebelum diolah menjadi sate. Tunggu beberapa jam agar daging empuk.

Nah, sate kambing tidak hanya enak karena pemilihan dagingnya saja. Rasa sate kambing yang enak juga berasal dari bumbu yang digunakan lho. Pilihan bumbu sate bisa disesuaikan dengan selera. Anda bisa menggunakan kecap manis untuk menambah rasa manis atau cukup menambahkan bawang putih, garam dan merica jika ingin bumbu satenya dominan gurih.

Cara membuat bumbu sate kambing pada dasarnya cukup sederhana. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Simak beberapa resep bumbu sate kambing sebelum dibakar di basah ini:

Beberapa Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar

Gambar Sate Kambing (Unsplash)
Gambar Sate Kambing (Unsplash)

 

Sate Kambing Ala - Ala Idul Adha

Menu kuliner sate tentunya benar-benar gampang diwujudkan, tentunya mesti dengan resep khusus supaya daging empuk dan rasanya sedap.

Daging sate sebelum dibakar, sebaiknya dimarinasi dan diberi daun pepaya atau nanas. Dengan menjalankan marinasi selama beberapa menit, dijamin dagingkambing akan empuk dan nikmat banget.

Tak cuma itu, bumbu olesan bakaran sate juga berperan penting untuk memperenak rasa daging kurban.

Bahan Bumbu :

  1. 4 siung bawang merah,
  2. 3 siung bawang putih,
  3. gula merah
  4. garam
  5. ketumbar
  6. lada
  7. kecap manis
  8. minyak goreng

Membuat Bumbu Olesan Sate :

Siapkan Cobek, campur seluruh bahan seperti bawang merah kupas, bawang putih kupas, gula merah, garam, ketumbar dan lada. Uleg hingga benar-benar halus.

Sesudah bahan diatas telah tercampur merata, kini tambahkan kecap dan minyak goreng, Uleg lagi hingga benar-benar merata.

Pisahkan menjadi 2 wadah, wadah pertama untuk merendam daging dan wadah kedua untuk bumbu oles.

Rendam Daging Sate dengan bumbu itu, jangan lupa tambahkan daun pepaya agar dagingnya menjadi empuk. Diamkan selama 30 menit.

Cara Membakarnya: 

Siapkan Daging Sate yang telah dimarinasi tadi, tusukkan daging satu persatu hingga bahan dan daging habis.

Bakar satenya, dan jangan lupa kasih ruang udara dalam pembakarannya, agar sate tak gosong. sesudah dirasa hampir matang, oles lagi dengan bumbu oles tadi, dan bakar lagi.

Jadi deh Sate Daging yang empuk dan enak. Tinggal makan deh!

Berapa lama sate akan basi?

Menurut sumber, Sate yang sudah dicampur dengan bumbunya paling tidak bisa bertahan hongra sehari semalam.

Pasalnya, jika berkeinginan mengkonsumsi sate kambing di hari yang sama, tak ada problem jika menaruhnya di dalam lemari penyimpanan makanan.

Sate kambing dapat disimpan di dalam freezer dan bapat bertahan paling lama sampai dua hari. Tapi, kualitasnya tak akan sebagus sate kambing yang masih segar.

Makan sate cocoknya sama apa?

Berikut ini sebagian makanan yang dapat menemani untuk menyantap sate olahan daging Kambing.

  • Kentang. Bagi para penikmat steak, bukan hal yang aneh jika daging dimakan dengan kentang. 
  • Saus tomat. Akan benar-benar lezat apabila dilumuri ke sate guna meningkatkan nafsu makan. 
  • Acar mentimun dan bawang merah itu dah orang Indonesia banget.

Setelah makan sate kambing sebaiknya minum apa?

Jus Jeruk

Penetralisir sesudah makan daging kambing yang pertama yakni jus jeruk. Tak hanya sebagai minuman yang segar, rupanya jus jeruk juga manjadi penawar yang tepat sasaran sesudah kita makan daging kambing. Amat disarankan untuk meminum jus jeruk tanpa gula.

Teh Tawar Panas 

Penetralisir sesudah makan daging kambing yang berikutnya yakni dengan meminum teh tawar panas yang di dalamnya mengandung katekin atau teh hijau.

Apa efek samping makan sate kambing?

Menurut hasil penelitian kalau konsumsi daging kambing berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini erat kaitannya dengan konsumsi daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika dua hal ini naik, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Jadi setelah mengetahui bumbu sate kambing sebelum dibakar, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!