Mengenal 6 Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya, Ladies Wajib Tahu Sebelum Beli Skincare
Lustrasi perawatan kulit (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Kulit wajah menjadi bagian yang harus diberi perhatian penting. Para perempuan biasanya menjaga kulit wajah sebaik mungkin.

Anda harus mengetahui lebih dulu jenis kulit wajah sebelum membeli produk perawatan wajah. Itu perlu dilakukan agar nantinya tidak mengalami iritasi. Setidaknya ada empat jenis kulit yang biasanya tertera dalam produk yakni berminyak, kering, normal, dan kombinasi. 

Dikutip dari laman HerStory, Senin, 21 Juni, sebetulnya ada enam jenis kulit wajah yang berbeda jenis perawatannya. Mari simak selengkapnya.

Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah salah jenis kulit yang paling mudah dikenali.  Seseorang yang memiliki kulit berminyak dalam satu atau dua jam, wajahnya akan tampak mengkilap meski tak menggunakan pelembab khususnya pada bagian dahi, tengah hidung dan dagu. Cara merawatnya yaitu dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar Ceramide, Panthenol, dan Centella Asiatica Extra yang dapat membantu untuk merawat dan memperbaiki kulit yang rusak. 

Kulit kering

Orang dengan kulit kering cenderung merasa kulitnya sangat kencang setelah mencuci wajah apalagi jika tak menggunakan pelembab dalam satu atau dua jam setelah pembersihan khususnya pada bagian sekitar mata dan mulut. Untuk itu, pemilik kulit kering wajib menggunakan skincare berbahan dasar Phytosphingosine, Moroheiya, dan Birch Tree Sap yang dapat membantu mengurangi gatal pada kulit akibat kekeringan, melembabkan kulit, dan memperkuat skin barrier.03 Apr 2021 18:24

Kulit berjerawat

Jerawat bukanlah masalah yang terjadi pada remaja. Kulit yang cenderung berjerawat, cenderung lebih mudah tersumbat karena minyak yang lebih tebal yang dapat terperangkap di bawah folikel dan tak bisa muncul ke permukaan. Kulit berjerawat juga akan memiliki jerawat secara teratur, bukan pada masa tertentu saja.

Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai oleh bagaimana ia bereaksi terhadap produk perawatan dan faktor-faktor seperti sinar UV matahari. Kalau Anda menderita alergi musiman, mengalami eksim atau menderita asma, kemungkinan kulit Anda sensitif.

Kulit kombinasi

Kulit kombinasi biasanya merujuk pada kulit yang sedikit berminyak di area T-zone dan kering pada bagian lainnya. Namun, kulit kombinasi bisa berupa yang berjerawat dan sensitif di waktu yang bersamaan atau rawan jerawat dan kering. Pada kasusnya setiap orang memiliki kombinasi yang berbeda.

Kulit normal

Dalam dunia perawatan kulit dan dermatologi, kulit normal mengacu pada kulit yang tak mengalami segala jenis kondisi kulit yang berlebihan. Dengan kata lain, Anda tak akan mengalami wajah yang terlalu kering, berminyak dan tidak selalu berjerawat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.