Mengenal Khasiat Bunga Calendula Untuk Perawatan Kulit, Tak Hanya Indah Namun Bermanfaat
Bunga calendula (Hans Braxmeier-Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Bunga tidak hanya bekerja memperindah taman atau ruangan. Beberapa tanaman dan bunga bahkan mengandung khasiat untuk kesehatan kulit. Maka tak heran bila banyak produk kecantikan dan perawatan kulit yang mengandung ekstrak bunga atau tanaman. 

Anda mungkin sering menemukan produk perawatan dengan kandungan seperti lidah buaya, mentimun, atau mawar. Nah, sekarang ini ada satu bunga yang cukup terkenal di dunia perawatan kulit, yaitu  calendula

Apa itu  calendula ? Jadi ini adalah tanaman herbal yang dikenal dengan nama  pot marigold . Tanaman ini berasal dari keluarga  asteraceae,  seperti aster , daisy,  dan bunga matahari.

Kelopak bunga  calendula  konon bisa langsung dimakan. Namun, ekstraknya lebih umum digunakan pada produk perawatan, misalnya  toner , pelembap, dan serum. 

Apa saja ya manfaat calendula untuk kulit? Berikut penjelasannya :

Menjaga kelembapan kulit

Penggunaan produk  perawatan kulit  dengan kandungan  calendula  dipercaya dapat membantu menghidrasi kulit sehingga tetap lembap. Ini sangat berguna untuk pemilik kulit kering karena membantu kulit selalu terhidrasi sepanjang hari, bahkan membantukan noda bekas luka. 

Meghan penuaan dini

Fungsi antioksian dalam  calendula  dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Karena kandungan antioksidannya cukup tinggi,  calendula  bisa masuk dalam rangkaian perawatan wajah sehari-hari demi kulit tetap kencang, kenyal, dan bebas kusam. 

Menyembuhkan luka iritasi 

Jika Anda mengalami luka seperti goresan kecil, luka bakar, ruam, dan ruam, dapat diatasi dengan minyak  calendula . Sifat anti-inflamasinya dapat membantu kondisi semacam ini, ditambah dengan sifat regeneratif alami yang membuat  calendula  bisa diandalkan untuk luka ringan. 

Mengatasi masalah jerawat

Nama tomat, mentimun, dan  tea tree  mungkin lebih terkenal untuk mengatasi jerawat di kulit ya? Namun, Anda pun bisa mempertimbangkan untuk  perawatan kulit  dengan kandungan  calendula.  Sebab, ekstrak bunga ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa melawan penyebab munculnya jerawat.  

Artikel ini pernah tayang di VOI dengan judul Ini Dia Khasiat Bunga  Calendula  Untuk Perawatan Kulit . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .