Hati-hati! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Kembali karena Bisa Menjadi Racun
Ilustrasi makanan (Alexy Almon/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Memasak adalah salah satu aktivitas yang selalu dilakuan setiap hari. Kegiatan tersebut menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. A palagi jika untuk orang yang disayang. Selain itu, masak sendiri juga lebih sehat dan kualitas makanan lebih terjamin dibandingkan dengan di luar.

Namun, bisa memasak saja tidak cukup. Anda harus memahami beberapa teknik memasak yang benar agar makanan tersebut mengandung gizi yang cukup untuk tubuh.

dengan teknik yang benar-benar diperlukan karena dapat membunuh bakteri, menghindari risiko, serta membuat makanan dapat dicerna tubuh dengan baik.

Bicara tentang makanan, panaskan kembali makanan pasti sudah tidak dilakukan. untuk beberapa makanan masih aman dikonsumsi, namun Anda perlu mewaspadai beberapa jenis makanan yang bisa menjadi racun jika memungkinkan kembali.

Mengapa demikian? kebiasaan makanan bisa menurunkan kadar air yang terkandung di dalamnya. Hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan . Padahal tubuh memerlukan nutrisi utuh dari makanan untuk menjalankan fungsi normal.

Setelah memahami hal buruk dari memanaskan makanan, Anda juga perlu tahu makanan apa saja yang tidak boleh dilihat kembali. Dilansir dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya:

Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan nitrat. Bayam biasanya diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, dijadikan bening, bahkan untuk bahan campuran gado-gado. Karena kandungan nitrat dalam bayam cukup tinggi, maka pemanasannya bisa sangat buruk bagi kesehatan.

Senyawa nitrat yang ada pada bayam bisa berubah menjadi senyawa yang dapat menyebabkan kanker jika sayuran hijau ini diulang berkali-kali.

kentang

Kentang bisa menjadi kudapan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat. Namun makanan ini tidak dapat dihidupkan kembali karena dapat menyebabkan langkanya bakteri pada ahli kesehatan. Untuk itu, pastikan tidak memasak dalam jumlah banyak agar tidak terbuang percuma, ya.

jamur

Jamur menjadi santapan lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Tapi makanan ini bisa jadi berbahaya bagi tubuh jika dilihat kembali. heran, karena mengubah komposisi protein dalam jamur yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

telur

Makanan yang mudah diolah ini termasuk makanan yang tidak boleh dilihat kembali karena akan menimbulkan racun dan berbahaya untuk kesehatan organ pencernaan tubuh.

daging ayam 

Daging ayam menjadi satu menu yang paling sering dicari kembali. Semakin dipanasakan, rasa daging ayam semakin lezat. Sebenarnya, hal ini tidak disarankan karena komposisi protein di dalamnya akan menghilang bahkan menyebabkan masalah pencernaan.

Salah satu tips untuk memasak sisa ayam tersebut adalah dengan menggunakan  microwave . Atur suhu  microwave  dengan suhu tertentu agar ayam bisa panas samapai ke bagian tulang.

Makanan bersantan 

Makanan bersantan menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Tapi, tahu kah Anda bahwa memanaskan kembali makanan bersantan dapat mengubah lemak yang terkandung menjadi lemak jahat? Lemak jahat ini dapat memicu peningkatan kadar kolesterol tubuh.

seledri

Seledri bekerja memperkuat aroma dan rasa makanan. Seledri bisa berubah menjadi racun jika setara kembali. Sama seperti bayam, seledri mengandung nitrat yang cukup tinggi. Jika kandungannya akan berubah menjadi nitrat bersifat karsinogenik penyebab kanker.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .