Pentingnya Melakukan Skin Fasting, Manfaat Istirahat Pakai Skincare Berlapis yang Bikin Kulit Fresh
Ilustrasi manfaat skin fasting sebelum ganti skincare baru (Unsplash/Lance Reis)

Bagikan:

PALEMBANG- Perawatan kulit menjadi hal penting untuk dilakukan setiap orang baik pria maupun wanita. Namun intensitas perawatan kulit wanita biasanya lebih kerap dilakukan. Apakah kamu termasuk yang melakukan perawatan kulit harian hingga lebih dari lima tahapan dalam sehari?

Kadang-kadang mungkin timbul pertanyaan, apakah kulit membutuhkan semua perawatan tersebut. Dikenal dengan  puasa kulit  atau puasa kulit yang merupakan masa istirahat dari semua produk perawatan kulit dan waktu kulit untuk bernafas dan mengatur ulang.

Menurut Lindsey Zubritsky, MD., dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Pittsburgh, secara teoritis,  puasa kulit memberikan kesempatan kulit bekerja secara alami tanpa bantuan produk perawatan kulit. Meskipun demikian terlihat mudah, tetapi konsep metodologinya dapat bervariasi pada setiap orang.

Cara Mengetahui Produk Perawatan Kulit yang Cocok 

Melansir Byrdie, puasa kulit  membangun ketahanan kulit lebih baik. Ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk mendeteksi produk yang menyebabkan iritasi, atau masalah kulit lainnya. Puasa kulit , tidak harus sepenuhnya menghilangkan produk perawatan kulit dari kulit Anda. Kadang-kadang hanya mengurangi dalam mengaplikasikan satu produk dari hanya beberapa perawatan kulit rutin. Sekali lagi, tujuannya untuk menguji produk mana yang paling cocok untuk jenis kulit Anda.

Kalau saran dari Karen Fernandez, ahli kecantikan yang berbasis di California, untuk mendapatkan kulit sempurna dan cepat, cobalah berhenti dari semua produk perawatan kulit sepenuhnya. Artinya membiarkan sebum atau minyak alami kulit melakukan perlindungan tanpa bantuan apapun. Namun penting untuk ‘mendengarkan’ kulit selama menjalani skin fasting.

Berbeda dengan Fernandez, Natalie Aguilar, dermatolog dan ahli kecantikan berbasis di Los Angeles, tetap merekomendasikan memakai perawatan dasar harian. Seperti pembersih kulit, pelembap, dan tabir surya.

Pentinnya Jeda Perawatan Kulit

Puasa kulit ini penting dilakukan ketika kulit lebih sensitif. Dengan tujuan memberi waktu pada kulit untuk tidak mengaplikasikan bahan aktif. Skin fasting juga bermanfaat bagi Anda dengan kulit kering dan kulit berminyak. Tetapi bagi Anda yang rentan berjerawat, puasa kulit tidak akan mendapat manfaat dalam jangka waktu sebentar maupun lama. Kulit dengan rosacea, melasma, atau gangguan kulit lainnya yang membutuhkan produk topikal, tidak disarankan untuk melakukan skin fasting.

Perlu dicatat bahwa keberhasilan skin fasting akan bervariasi pada setiap jenis kulit. Tidak semua jenis kulit bisa menerima manfaat positifnya. Tetapi skin fasting bisa dilakukan sebelum Anda ganti produk skincare baru.