5 Hal Efek pada Tubuh Setelah Pijat, Apakah Kamu Juga Merasakannya?
Ilustrasi hal dan manfaat pijat untuk tubuh (Freepik/Valuavitaly)

Bagikan:

PALEMBANG- Pijat merupakan terapi yang bermanfaat merilekskan fisik tubuh. Berdasarkan survei dari American Massage Therapy Association, sekitar 25 persen pria dan 21 persen wanita di Amerika Serikat pijat pada tahun 2021. Tidak banyak orang yang tahu alasan mengapa melakukan pijat. Orang Indonesia, memahami bahwa pijat dilakukan untuk meredakan rasa pegal tubuh karena kelelahan. Bahkan banyak yang tidak dapat mengembalikan kerusakan tubuh menjadi lebih bugar.

Menruut Beret Loncar, terapis pijat berlisensi di NYC, banyak hal yang dipercaya kebanyakan orang tidak benar. Itu karena sebagian besar dari spa atau klinik pijat mengiklankan informasi yang tidak akurat. Berikut efek pada tubuh setelah pijat yang beberapa waktu dapat bertahan lama.

1. Tingkat stres berkurang

Pijat dirancang untuk membuat Anda rileks, dilansir  Romper , Selasa, 9 Agustus. Faktanya, sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Scientific Reports mengukur dan mengkonfirmasi bahwa hanya dengan 10 menit pijatan memberikan efek psikologis dan fisiologis. Ini karena pijatan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

2. Detak jantung lebih rendah

Bukti lain menunjukkan bahwa pijat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Keduanya membantu dalam pemulihan kardiovaskular yang lebih besar. Loncar mencohtohkan pijat khas Swedia yang umumnya mengirim pesan ‘istirahat dan cerna’ secara biologis. Ini akan membantu mengatus saraf sistem otonom, yang masih berkaitan dengan stres.

Sebuah studi tahun 2021 yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard, menemukan bahwa pijat terbukti mempercepat pemulihan otot dan da hubungan yang jelas antara stimulasi mekanis (pijatan) dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Rasa sakit berkurang

Inti dari pijatan adalah membut tubuh Anda rileks. Namun, secara lebih mendalam terbukti bahwa pijat membantu Anda bersantai. Lebih spesifik lagi, pihat membantu memulihkan kesehatan danmeredakan rasa sakit.

“Asalkan dilakukan dengan benar, dan pijatannya tidak terlalu dalam, pijatan bisa menjadi pereda nyeri yang sangat baik,” tambah Loncar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Pain Medicine tahun 2016 juga menyimpulkan, bahwa terapi pijat merupakan pilihan yang direkomendasikan sebagai manajemen nyeri. Misalnya, pijat setelah melahirkan atau pijat partum yang menawarkan kelegaan dari nyeri sendi, otot yang meregang, dan membantu menyeimbangkan kondisi emosional.

4. Membangun kesadaran sensorik

Pijat melibatkan sentuhan, ini berarti bekerja pada kesadaran sensorik Anda. Loncar menjelaskan, ada kemungkinan proses kesadaran kompleks terjadi pada saat pijat. Mirip seperti meditasi sensorik yang membuat Anda berfokus pada tubuh dan pikiran Anda.

5. Mengetahui kondisi kesehatan tertentu

Ketika menerima pijatan dari terapis berlisensi yang terlatih dalam bidang patologi, studi tentang penyebab, efek penyakit, dan cedera, mereka bisa membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan sebelum Anda menyadarinya.

Itulah hal secara fisik maupun psikologis yang dialami ketika pijat. Tetapi karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan masing-masing, respons terhadap pijatan mungkin akan sedikit berbeda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.