4 Cara Menghadapi Orang yang Suka “Drama” Biar Ngga Pikin Lelah Hati dan Kesehatan Mental Terganggu
Ilustrasi circle pertemanan (ELEVATE/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Salah satu hubungan cinta yang toxic adalah ketika adanya drama. Mungkin anda pernah menghadapi orang yang suka membuat drama. Rasanya tiap komunikasi yang terjalin dengan orang tersebut membuat hati makin tak nyaman dan jauh dari rasa tentram dan menganggu kesehatan mental. Amarah dan kekesalan kerap muncul dari tiap tingkah yang ia perbuat.

Sebelum Anda membuang-buang waktu dengan sibuk memarahi orang tersebut. Ada tips yang lebih mudah menghadapinya dengan tenang. Sehingga Anda bisa memusatkan fokus dan energi untuk menjaga diri dan perasaan agar tidak hanyut dalam rasa kurang nyaman. 

Jaga jarak

Agar tidak terjerumus dalam kondisi lelah psikis, Anda bisa menjaga jarak dengan orang tersebut. Semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk berkomunikasi dengannya. Maka semakin sedikit juga peluang Anda untuk tersakiti, baik dengan perilaku maupun perkataannya. Tak perlu risau melakukan hal ini sebab kesehatan mental lebih berharga dibandingkan harus terus menerus berada dalam lingkaran yang sama dengannya.

Bersikap tak acuh

Jika rasanya makin capek atau melelahkan merespons dan menanggapinya, bersikap masa bodoh bisa juga dilakukan. Waktu dan energi Anda sangatlah berharga. Jadi, tak perlu dihabiskan untuk meladeni semua hal yang malah berujung menyakiti hati dan perasaan Anda sendiri.

Komunikasi

Ketika seseorang membuat Anda lelah secara emosional dan Anda sendiri sudah tidak tahan dengan perilakunya. Anda bisa mengambil sikap dengan mengajaknya berkomunikasi. Sampaikan segala isi hati Anda tentang dia. Bisa jadi dia tidak sadar jika perilakunya telah menyakiti Anda selama ini. Pun, dengan mengkomunikasikan semuanya, Anda bisa merasa lebih tenang. 

Tetap jadi orang baik

Akan selalu ada ketidakpastian dalam hidup, termasuk dalam interaksi atau menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar. Anda tak pernah bisa mengontrol respons dan perlakuan orang lain terhadap Anda. Namun, tetap berupayalah untuk menjadi orang yang baik. Siapkan diri menerima hal-hal yang tak menyenangkan dari orang lain meski Anda telah berusaha memperlakukan orang lain dengan baik.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.