Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini saat Bertengkar dengan Pasangan, Bisa Berbahaya bagi Hubungan Anda
Ilustrasi pasagan bertengkar (Pavel Danilyuk/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kata-kata menyakitkan hingga makian biasanya akan keluar saat seseorang bertengkar dengan pasangannya hingga tidak bisa menahan marah. Biasanya dalam waktu sekejap anda akan  puas bisa melampiaskan amarah dan pasangan diam mendengar kata-kata Anda.

Namun pada saat emosi mereda, Anda akan sadar dan menyesal telah mengeluarkan kata-kata tersebut. Pasalnya, ucapan yang menyakitkan hanya akan menambah masalah, bukan menyelesaikannya. Menyadur  Prevention , Rabu, 22 Juni, ini ucapan yang bisa membuat antar pasangan semakin parah.

"Terserah, tidak apa-apa"

Saat Anda merasa akan terjadi, insting mungkin menyuruh Anda untuk menghindari konflik lebih awal dengan mengatakan “terserah, tidak apa-apa,” pada pasangan. Nyatanya mengatasi masalah bersama adalah bagian dari hubungan yang solid, menurut Monica O'Neal, PsyD, psikolog klinis dan pakar hubungan Harvard. 

"Keintiman sejati bukan hanya tentang perasaan hangat dan nyaman," tambah O'Neal. 

"Ini juga tentang kemampuan untuk merasa seperti seseorang yang cukup aman untuk mengekspresikan kemarahan. Ini sebenarnya hal yang sangat sehat dan baik."

“Kamu egois!”

Ini mungkin ungkapan puncak kekesalan Anda ketika merasa perdebatan tidak juga berhenti. Sayangnya, kata-kata ini juga memancing sikap defensif pasangan Anda. Apalagi dia juga sama frustasinya dengan pertengkaran yang sedang terjadi. 

Dr. Rachel Hoffman, pekerja sosial klinis dan chief therapy officer di Real mengatakan kalau ucapan ini akan mengalihkan perhatian pasangan Anda dari topik yang sedang dibahas. Juga, menyebabkan dia terpancing mengeluarkan ucapan menyakitkan lainnya untuk membalas Anda. Akhirnya Anda dan pasangan akan terus berdebat.

"Kamu tidak pernah..."

Mengawali keluhan dengan "Anda selalu" atau "Anda tidak pernah" membuat orang lain bersikap defensif dan jarang terbukti kebenarannya. Dr. Rachel Hoffman menyarankan, daripada menuding pasangan, lebih baik Anda mengeluarkan pernyataan dari sisi Anda. Coba jelaskan pandangan Anda tentang masalah yang sedang dihadapi sehingga pasangan pun akan mengerti dan mau berusaha mencari titik tengah.

“Aku tidak peduli!”

Ucapan ini membuat pasangan Anda berpikir kalau Anda sama sekali tidak peduli dengan pendapatnya dan merasa diabaikan atau disepelekan. Semarah apapun Anda, penting untuk tetap mau mendengarkan saat pasangan Anda berusaha mengungkapkan isi hatinya. Anda tidak perlu setuju dengan perkataannya, tapi setidaknya beri perhatian ketika dia sedang bicara. 

Michele Goldman, psikolog dari Hope for Depression Research Foundation mengatakan kalau tindakan mengabaikan pasangan ini akan membuat komunikasi semakin terhambat. Padahal jika pasangan mau saling mendengarkan dan membuka diri, permasalahan yang ada akan lebih cepat selesai.

“Ayo cepat selesaikan ini”

Pertengkaran bisa memicu stres dan sangat dapat dimengerti jika Anda membutuhkan waktu sejenak untuk bernafas. Namun saat emosi sedang memuncak, Anda tidak bisa begitu saja mengakhiri diskusi. Menurut O’Neal, beritahu pasangan jika Anda memerlukan jeda untuk beristirahat sementara. 

“Beri Saya momen sejenak untuk memproses kejadian ini. Setelah tenang, mari lanjutkan kembali diskusi kita,” saran O’Neal.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.