6 Cara Alternatif Memilih Menu Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tubuh
Ilustrasi menu makanan untuk menurunkan kolesterol (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Kesehatan tubuh kita bisa ditentukan dari makanan yang kita pilih. Anda bisa memilih menu makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan atau menghindari penyakit, seperti kolesterol dalam tubuh.

Kalau Anda sekali mengkonsumsi makanan berlemak, kadar kolesterol akan membumbung naik. Oleh karena itu, tidak hanya perlu memilih bahan makanan berkualitas tetapi juga mengetahui cara alternatif dan memilih bahan makanan yang tidak meningkatkan kolesterol. Apa dan bagaimana cara mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan menu makanan Anda? Berikut rekomendasinya.

1. Ganti menu berbahan daging merah dengan ikan

Ahli jantung di Danbury Hospital di Connecticut, Harvey Kramer dilansir  Everyday Health , Kamis, 23 Juni, mengatakan bahwa genetika memainkan peran besar dalam kadar kolesterol Anda. Faktor lain yang berkontribusi adalah pola makan. Memilih makanan yang tepat, dapat menurunkannya.

Cara alternatif pertama, ganti makanan berbahan daging merah dengan ikan berlemak, seperti salmon, tuna, mackerel, dan trout. Langkah ini dapat meningkatkan kadar lemak dalam diet untuk tujuan menurunkan kolesterol tubuh. Ikan, selain itu mengandung asam lemak omega-3 juga menunjukkan risiko penyakit jantung atau stroke, terang Sue Gebo, RD., dari Wesleyan University, Middletown, Connecticut.

2. Alih-alih bertabur keju, lebih sehat beri kacang untuk salad

Sayuran mengandung serat tinggi yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Kalau salad jadi salah satu pilihan menu, lengkapi dengan kacang kenari yang dihancurkan untuk mendapatkan kesehatan jantung dan tidak berisiko kolesterol naik. Rekomendasi ini dikuatkan hasil tinjauan dari 29 penelitian yang dilakukan tahun 2020 di jurnal Nutrition and Metabolic Insights. Hasil tinjauan menemukan bahwa konsumsi kacang pohon secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

3. Makan muffin berbahan gandum utuh

Croissant yang baru keluar dari oven cukup menggoda indera, tetapi lapisan tepung dan mentega bisa berkontribusi meningkatkan kolesterol. Mentega mengandung lemak tak jenuh tinggi, oleh karena itu, pilih kue atau snack yang berbahan gandum utuh karena berserat tinggi.

4. Makan cokelat hitam daripada cokelat susu

Cokelat hitam lebih sedikit atau tidak sama sekali mengandung susu dengan kandungan lemak jenuh. Seperti yang kita tahu, lemak jenuh dalam susu meningkatkan LDL. Artinya, pilihlah cokelat hitam daripada cokelat susu yang bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda.

5. Ganti saus tomat dengan hummus

Hummus terbuat dari buncis ditumbuk dan minyak zaitun yang menyehatkan jantung. Saus sehat ini selain lezat juga memiliki serat dan protein, berbeda dengan saus tomat yang dibeli di toko. Saus tomat berbasis krim yang kaya akan lemak jenuh.

6. Pilih dipanggang daripada digoreng

Apabila Anda kerap bekerja di luar kantor dan memesan kentang goreng, cobalah ganti menu. Gantilah dengan kentang panggang yang mengandung lemak lebih sehat. Sama seperti jika Anda memilih ubi jalar, olah dengan cara sehat yaitu dengan dipanggang daripada digoreng.

Itulah menu makanan alternatif yang dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.