5 Faktor yang Mempengaruhi Kecocokan Hubungan Cinta, Kunci Langgeng Pasangan Hidup
Ilustrasi faktor yang mempengaruhi kecocokan pasangan (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Tak selalu apa yang terjadi dalam hubungan asmara berjalan dengan menyenangkan atau bahagia. Namun yang pasti setiap pasangan mengharapkan bisa memiliki hubungan yang langgeng, harmonis, diwarnai cerita romantis, dan sempurna. Seperangkat ide mengenai kisah cinta, menurut Karin Sternberg Ph.D., dan Robert J. Sternberg, Ph.D, meliputi keyakinan, prasangka tentang seperti apa seharusnya suatu hubungan, bagaimana berperilaku dalam suatu hubungan, dan seperti apa seharusnya pasangan ideal.

Namun sering kali kita tidak sadar akan kisah cinta kita masing-masing. Jika Anda ingin menemukan seseorang yang benar-benar cocok, ini kunci yang perlu Anda ingat.

1. Aspek kecocokan dipengaruhi pengalaman kisah cinta

Dalam pikiran, Anda memiliki kisah cinta yang menentukan pasangan potensial mana yang Anda minati dan yang membentuk harapan Anda tentang seperti apa seharusnya suatu hubungan, bagaimana Anda harus bersikap dalam suatu hubungan, bagaimana Anda harus menafsirkan tindakan pasangan Anda, bagaimana Anda harus berinteraksi dengan pasangan Anda, dan sebagainya.

Kisah cinta mewakili seluruh pengalaman hidup Anda, termasuk hubungan anggota keluarga, tetangga, dan teman yang telah Anda amati sejak kecil, pengalaman Anda sendiri dengan orang lain, cerita yang Anda baca di buku dan tonton di film.

2. Punya Kisah cinta yang serasi

Semua orang juga memiliki kisah cinta. Tetapi ada cerita yang cenderung bekerja lebih baik dan ada juga yang maladaptif. Selain itu, beberapa cerita bekerja lebih baik bersama-sama daripada yang lain. Misalnya, jika Anda memiliki cerita fantasi dan mencari hubungan yang super romantis dengan putri pribadi Anda, tetapi pasangan Anda tidak begitu tertarik pada romansa melainkan menciptakan hubungan yang berjalan lancar seperti bisnis, Anda berdua kemungkinan akan berakhir kecewa.

Anda dan pasangan tidak perlu memiliki cerita yang sama, tetapi untuk hubungan jangka panjang yang bahagia, Anda membutuhkan cerita yang cocok satu sama lain.

3. Memahami apa yang diinginkan dari hubungan

Mengutip dari Psychology Today, kisah cinta terangkai dari "komponen inti cinta". Tergantung pada kisah cinta Anda, yang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda untuk: keintiman (yaitu, seberapa dekat, terikat, dan terhubung yang Anda rasakan), gairah (yaitu, seberapa besar ketertarikan emosional dan fisik serta romansa yang Anda miliki dalam hubungan Anda), dan komitmen dalam hubungan Anda.

Masalahnya, orang yang berpasangan sering tidak menyadari apa yang diinginkan dan di mana ketertinggalan hubungannya. Saran Sternberg, gali lebih dalam dan cari tahu apa yang Anda inginkan dari hubungan dalam hal keintiman, gairah, dan komitmen. Jika pasangan menginginkan hal yang sama dengan Anda, maka pertahankan dan eksplor lebih mendalam. Jika tidak, cobalah untuk menutup celah itu agar hubungan berjalan serasi.

4. Menghargai dan mengekspresikan perasaan dengan tindakan

Dalam penelitian Sternberg, menemukan bahwa orang sering tidak tahu apa yang dirasakan pasangan tentang mereka. Orang yang berpartisipasi, atau dapat merasakan perasaan pasangan mereka, memiliki hubungan yang stabil.

Misalnya, pasangan Anda mungkin merasa bahwa mereka sangat berkomitmen pada hubungan Anda. Jika Anda tidak merasa bahwa mereka berkomitmen dan akibatnya merasa cemas atau cemburu hampir sepanjang waktu. Mengekspresikan perasaan dengan tindakan berfungsi untuk mengukur cukup tidaknya keintiman, gairah, dan komitmen dalam suatu hubungan.

5. Kesesuaian hubungan dengan kebutuhan

Kisah cinta Anda menentukan jenis hubungan dan pasangan yang Anda cari dan seperti apa yang Anda harapkan dari hubungan Anda. Anda akan paling bahagia ketika Anda dan pasangan memiliki kisah cinta yang cocok dan Anda memenuhi kebutuhan satu sama lain. Harapan orang-orang di sekitar Anda—orang tua, keluarga, dan teman-teman—serta masyarakat kurang penting.

Anda harus menyadari bahwa tidak ada kisah cinta yang salah atau benar, dan memahami bahwa kunci kebahagiaan dalam hubungan berpasangan adalah menemukan seseorang yang kisah cintanya sesuai dengan Anda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.