11 Sifat yang Membuat Hubungan Berpasangan Bisa Langgeng
Ilustrasi sifat yang membuat hubungan berpasangan bisa langgeng (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap orang memiliki sifat yang menguntungkan untuk kehidupan berpasangan. Bukan hanya ketampanan atau kecantikan saat tersenyum. Tetapi menurut teori evolusi, ada sifat-sifat yang memfasilitasi tujuan termasuk menjalin kemitraan, terkait dengan hasil reproduksi, atau kelangsungan hidup yang lebih baik.

Menurut penelitian, sifat-sifat yang menguntungkan dalam hubungan berpasangan disebut sifat magnetik. Penelitian pada tahun 2021 oleh peneliti Yunani, menggunakan proses multilangkah yang bertujuan mengidentifikasi sifat magnetis yang dimiliki oleh beberapa orang yang terkait dengan hubungan jangka panjang.

Analisis dari hasil wawancara terstruktur pada 20 orang dan survei terbuka terhadap hampir 200 orang menghasilkan 75 sifat berbeda. Selanjutnya, hampir 1.200 peserta yang sedang menjalin hubungan menilai ciri-ciri pasangan, menunjukkan kualitas hubungan, dan melaporkan informasi tentang betapa sulitnya mempertahankan hubungan. Hasil dari semua analisis menunjukkan 11 kualitas magnetis yang mendukung stabilitas hubungan, menurut penjelasan Theresa E. DiDonato, Ph.D., berikut ini daftarnya.

1. Dapat dipercaya dan setia

Lebih dari faktor lainnya, memiliki pasangan yang Anda anggap dapat dipercaya adalah kekuatan magnetis yang melanggengkan hubungan. Dalam hubungan jangka panjang, sifat ini membantu menjaga hubungan hingga berkembang di masa depan.

sifat yang membuat hubungan berpasangan bisa langgeng
Ilustrasi hubungan berpasangan bisa langgeng (Freepik)

2. Berdedikasi dan peduli

Orang berharap hubungan mereka akan bertahan lama jika pasangannya berkomitmen untuk menjaga mereka, menghemat waktu, dan dalam semua hal menunjukkan komitmen sejati. Ini adalah sesuatu yang kita tidak dapat ketahui tentang orang lain sampai kita menjalin hubungan dengan mereka. Namun, ini merupakan kualitas yang magnetis ketika suatu hubungan sedang berlangsung.

3. Menyenangkan menghabiskan waktu bersama

Apakah pasangan Anda memiliki selera humor yang bagus? Apakah mereka cerdas dan imajinatif? Sifat magnetis seseorang yang ingin Anda pertahankan merupakan faktor kunci dalam memprediksi umur panjang suatu hubungan.

4. Menjadi romantis dan sensitif

Kasih sayang dan ketertarikan satu sama lain bermanfaat untuk hubungan cinta. Ketika pasangan mampu menunjukkan sisi romantis dan sensitifnya, maka dapat mendukung hubungan jangka panjang.

sifat yang membuat hubungan berpasangan bisa langgeng
Ilustrasi sifat yang membuat hubungan berpasangan bisa langgeng (Freepik/prostooleh)

5. Rukun dengan keluarga dan teman

Hubungan berpasangan tidak berjalan sendiri-sendiri. Memiliki pasangan yang rukun dengan orang-orang terdekat Anda, juga penting. Dengan begitu, pasangan Anda dan Anda memiliki kualitas magnetis yang dapat membina hubungan stabil.

6. Saling bantu di rumah

Bagi Anda yang baru saja berkomitmen, mungkin sulit merasakan sifat magnetis yang ke-6 ini. Sifat magnetis ini baru bisa dirasakan ketika Anda dan pasangan telah menjalin hubungan beberapa lama. Meskipun begitu, saling membantu di rumah bisa membuat perbedaan signifikan.

7. Bersikap baik di ranjang

Kehidupan seks jadi bagian dalam kehidupan berpasangan jangka panjang. Memiliki hubungan seks yang sehat dan memuaskan bisa mendukung stabilitas hubungan, jelas DiDonato dilansir Psychology Today, Minggu, 3 September. Ini adalah kualitas yang menarik ketika menemukan pasangan yagn dapat membuat mereka puas secara seksual dan merasakan gairah yang dapat mempertahankan minat seksual.

sifat yang membuat hubungan berpasangan bisa langgeng
Ilustrasi hubungan berpasangan bisa langgeng (Freepik/drobotdean)

8. Bersikap positif

Dalam hubungan berkelanjutan, kepositifan adalah magnet yang mendukung stabilitas. Memiliki sifat positif, percaya diri, dinamis, dan ceria, menunjukkan hubungan berkualitas dan langgeng.

9. Siap berkompromi

Menjalani hidup sulit kalau selalu merengek, mengeluh, sulit berkompromi, dan selalu ingin mendapatkan yang diingini. Penting diketahui, orang-orang yang punya keterampilan berkompromi, lebih mudah bersama orang lain. Artinya mereka memiliki sifat magnetis dan membuat hubungan tetap langgeng.

10. Berbagi kepentingan yang sama

Ketika Anda dan pasangan memiliki minat serta tujuan yang sama, maka antusiasme akan tinggi untuk mencerminkan kompatibilitas. Itu juga menandai Anda dan pasangan berbagi kepentingan, lebih selaras satu sama lain, dan memiliki faktor magnetis untuk menjaga hubungan bersama.

11. Berkecukupan

Ekonomi bukan ukuran utama, tetapi ekonomi menciptakan daya tarik yang berkelanjutan. Praksisnya, Anda dan pasangan memiliki pendapatan serta stabilitas ekonomi yang dapat mendukung kelangsungan hubungan. Dengan begitu, hubungan lebih langgeng dan tak mudah retak tersulut persoalan finansial.

Itulah kesebelas sifat magnetis yang melanggengkan hubungan berpasangan. Mungkin terlihat sederhana, meski bukan satu-satunya jaminan untuk menjaga kelanggengan hubungan, tetapi setiap orang dalam berpasangan perlu meningkatkan stabilitas hubungan dengan sifat positif.