Manfaat Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat, Berikut Penjelasan Ahli
Ilustrasi makanan (Roman Odintsov/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Banyak orang menduga mengapa puasa menjadikan tubuh sehat. Padahal, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu lama. Agar tidak salah kaprah, ini alasan mengapa berpuasa menjadikan tubuh Anda sehat menurut ilmu pengetahuan.

Melansir Popbela, Kamis, 21 April, sebagian besar makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung bermacam zat yang jadi racun bagi tubuh. Saat menjalani puasa, pembakaran lemak akan jadi lebih banyak dari biasanya sehingga zat beracun yang tersimpan dalam tubuh dapat keluar. Proses ini disebut dengan detoksifikasi tubuh.

Puasa Dapat Meningkatkan Kinerja Jantung

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung. Sehingga risiko penyakit jantung dapat diminimalisir.

Puasa juga dinilai sehat karena dapat menurunkan tekanan darah. Saat menjalankan ibadah puasa, sebagian besar orang mengalami penurunan tekanan darah yang cukup signifikan karena menurunnya asupan garam dan hilangnya garam dalam tubuh melalui cairan urin.

Puasa Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pun bisa meningkat jika Anda berpuasa. Karena berkurangnya radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Jika radikal bebas berkurang, maka tubuh lebih bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Itulah alasan mengapa menjalankan puasa dinilai baik bagi kesehatan tubuh. Selain mendapat pahala karena menjalankan perintah agama, Anda juga dapat manfaat baik dari sisi kesehatan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.