Rambut Bercabang Tidak Perlu Dipotong, Berikut 8 Teknik yang Tepat Mengatasinya
Ilustrasi rambut bercabang (Tderden/Istockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu masalah kesehatan rambut yang banyak dikeluhkan banyak orang adalah rambut bercabang. Penyebab masalah rambut tersebut bisa terjadi akibat cuaca yang ekstrim dan teknik perawatan rambut seperti blow dry atau pengeritingan yang terlalu sering.

Selain itu, ujung rambut yang bercabang juga bisa disebabkan oleh produk perawatan berbahan kimia, yang digunakan setiap hari. Rambut bercabang tidak bisa diperbaiki. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunting rambut.

Namun jika tidak ingin memotongnya, Anda bisa mencoba melakukan perawatan deep conditioning yang membantu mengembalikan kelembaban rambut dan memperkuat batangnya. Melansir Healthline, Jumat 1 April, cara ini bagus untuk menyembunyikan ujung rambut yang bercabang.

Berikut adalah beberapa tips bahan yang bisa digunakan untuk membuat kondisioner sendiri, ketika akan merawat rambut bercabang.

Minyak almond

Ekstrak minyak almond dapat menghidrasi dan tidak membebani rambut. Ini dapat digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas atau langsung digosokkan ke rambut yang basah.

Minyak argan

Minyak argan mampu melembapkan dan menambah kilau rambut. Jika ingin menggunakan minyak ini untuk menyamarkan rambut bercabang, maka cobalah dengan menggosokkan beberapa tetes minyak ke rambut yang basah atau kering, lalu sisir.

Panthenol

Panthenol adalah produk sampingan dari asam pantotenat (vitamin B-5). Ini membantu memperkuat rambut, mempertahankan kelembapan, dan memperbaiki tekstur rambut rusak. Panthenol sering dijadikan bahan utama masker dan kondisioner rambut.

Sulit untuk mencegah ujung bercabang. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahannya, yaitu;

  • Potongan rambut dan trim secara teratur, sebaiknya setiap enam minggu sekali.
  • Jangan keramas setiap hari. Saat Anda keramas, pertimbangkan untuk hanya menggunakan kondisioner dan tidak menggunakan sampo.
  • Pilih sampo alami yang tidak mengandung bahan keras.
  • Gunakan kondisioner setelah keramas atau gunakan kondisioner tanpa bilas.
  • Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut basah.
  • Batasi aktivitas styling yang dapat merusak rambut seperti pewarnaan dan pelurusan kimia.
  • Gunakan semprotan pelindung panas sebelum menggunakan alat styling.
  • Konsumsi suplemen yang memperkuat rambut, seperti biotin dan asam folat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.

Terkait