6 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Rambut Bercabang, Anda Pasti Jarang Menyadarinya!
Ilustrasi penyebab rambut bercabang karena kebiasaan tertentu (Unsplash/Sherise VD)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu masalah kesehatan rambut yang sering dikeluhakan adalah mengalami rambut bercabang. Mulai dari kekurangan nutrisi rambut hingga terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan rambut kering dan muncul percabangan pada ujungnya  lho .

Penyebab rambut bercabang ada berbagai faktor, ini juga tergantung pada karakter rambut. Dilaporkan berbagai sumber, percabangan rambut bisa dipicu karena kebiasaan bawah ini .

1. Mengikat rambut terlalu kencang

Karet pengikat, paling aman dipilih yang tidak terlalu kencang. Jika sering mengenakan karet terlalu kencang bisa membuat rambut patah dan tumbuh cabang. Melaporkan  Semua Hal Rambut , Sabtu, 18 Desember, rambut yang dianggap sebagai mobil yang kemudia dilepas secara kasar beberapa rambut akan patah. Ini merusakan pada ujung rambut.

Disarankan untuk mengenakan ikat rambut berbahan lembut, misalnya dari rajutan benang atau enggak boleh patah rambut.

2. Sering menyisir rambut

Penyebab rambut bercabang yang mungkin tidak pernah disadari. Menyisir rambut untuk tujuan terlihat rapi, tidak perlu dilakukan terlalu sering. Apalagi menggunakan sisir rambut yang giginya rapat.

Dilansir oleh  Only My Health , kamu bisa memakai sisir rambut yang pas agar tidak membuat rambut semakin bercabang. pilihan gigi sisir yag jarang dan berbahan tepat untuk mengurangi rambut bercabang.

3. Menggunakan pewarna  rambut

Panas tinggi pada  pengering rambut dapat  merusak kutikula sehingga rambut kering dan bercabang. Untuk mengurangi risiko tersebut, coba gunakan  pengering rambut . Selain itu, kenakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Saat mengeluh rambut dengan handuk, hindari menggosok rambut  ya . Ini bikin rambut tidak berkilau dan kering.

4. Terlalu sering keramas

Dilaporkan  Healtline, bagi yang memiliki karakter kulit kepala berminyak, setidaknya hindari keramas lebih dari sekali dalam sehari. Sering keramas jadi salah satu penyebab rambut kering.

Sedangkan bagi yang memiliki karakter kulit kering, lebih baik untuk kera dua hingga tiga kali saja dalam seminggu. Jangan lupa untuk memberikan perawatan pada rambut, misalnya memakai kondisioner untuk menjaga dan menjaga kelembapan rambut.

5. Gonta-ganti gaya rambut

Mengubah gaya rambut terlalu sering secara langsung memengaruhi kesuburan rambut. Dari keriting diubah lurus dan berganti-ganti warna perlu dikurangi. Setidaknya, beri jeda pada rambut agar tak terkontaminasi zat kimia pada pembentukan gaya rambut. Kalaupun harus mengubah-ubah gaya karena profesi, berikan perawatan ekstra untuk mendukung kesuburan rambut.

6. Rambut kurang nutrisi

Memberikan nutrisi pada rambut tidak melulu menggunakan produk dan perawatan rambut. Tetapi, nutrisi dari makanan juga bisa memengaruhi kesuburan rambut. Makanan yang sehat atau spesifik mengandung omega-3, vitamin A, dan vitamin B akan menyuburkan rambut dari dalam.

Kandungan omega-3 ada pada ikan, seperti tuna, salmon, dan mackerel. Omega-3 membantu memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan. Sedangkan vitamin A pada wortel, menjaga kilau rambut dan mengurangi kerusakan karena terpapar panas matahari. Kemudian, vitamin B pada pisang dan telur mampu membantu memperkuat folikel rambut.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .