5 Cara Cepat Bangkit dari Patah Hati Setelah Perceraian, Perjalanan Masih Panjang
Ilustrasi pria melamun (Noah Silliman/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Patah hati adalah musibah yang cukup mengejutkan dan pikiran, serta berpengaruh bagi fisik. Hidup menjadi sulit ketika seseorang mengalami patah hati. Baik ditinggalkan atau ditinggalkan, perasaan sedih kehilangan tak bisa ditinggalkan. Namun, perlu diketahui bahwa momen patah hati hanyalah persiapan untuk mendapatkan lebih banyak cinta saat Anda berhasil berdamai dengan diri sendiri.

Melansir Yourtango, Rabu, 23 Februari, ini lima cara menyembuhkan patah hati.

Luangkan waktu untuk merasakan ragam emosi

Alih-alih berusaha keras untuk melupakan, membiarkan diri merasakan semua rasa yang ada. Rasa bersalah, malu, marah, biarkan perasaan ini mengalir. Berikan waktu bagi diri untuk menentukan kapan harus bangkit kembali.

Ingat, semua ini hanya sementara. Baik sedih maupun senang, tak ada yang abadi. Ketika Anda tidak sadar, artinya Anda memberi perhatian pada bagian diri yang terluka. 

Jangan menemukan pelarian. Jangan mencoba merasionalisasi atau membenarkan perasaan Anda dengan melakukan apa yang salah. Jangan biarkan diri jadi mati rasa. Berteriak, menangis, lakukan apapun yang menurut Anda nyaman untuk mengekspresikannya.

Latih menghargai diri sendiri

Ketika sedang berproses melupakan seseorang yang pernah dicintai, Anda bisa terjebak dalam kondisi penilaian diri sendiri dan menyalahkan diri atas perpisahan atau perceraian tersebut. Sebenarnya, Anda telah melakukan yang harus dilakukan. Pun jika ada penyesalan, coba untuk memaafkan diri sendiri. Agar lebih tenang, silangkan tangan kanan dan kiri di dada. Tutup mata dan hirup nafas dalam-dalam. Bayangkan diri Anda dan “aku memaafkanmu, aku cinta”.

bersyukur atas semua yang dimiliki

Rasa syukur bisa mengubah pola pikir Anda ke hal-hal yang lebih baik. Sikap mendukung Anda menerima lebih banyak dari apa yang Anda inginkan. Ketika hati Anda hancur, mungkin sulit untuk merasa bersyukur atas apapun dalam hidup.

memulai dari hal-hal kecil. Jika tubuh sehat, bersyukurlah. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, bersyukurlah atas cinta tanpa syarat dari mereka. Jika Anda memiliki teman yang mau mendengarkan keluhan tentang mantan pasangan, taruh mereka di urutan teratas daftar Anda.

Cara berpikir tentang senjata penting yang dimiliki untuk mengatur energi dan emosi. menulis jurnal setiap malam sebelum tidur dan menulis lima hal yang Anda syukuri. Kemudian, baca daftar tersebut di pagi hari sebelum Anda bangun dari tempat tidur untuk memulai hari.

Temukan pembelajaran dari kegagalan hubungan

Hidup selalu memberikan pembelajaran. Begitu juga dengan pengalaman hubungan yang gagal. Petik hikmah dari putusnya hubungan Anda. Agar lebih mudah, tulis semua pikiran-pikiran yang ada di benak mengenai mantan pasangan dan pembelajaran apa yang bisa dipetik selama kalian menjalin hubungan. Ambil yang baik, dan buang yang buruk.

Buat rutinitas dan kenangan baru

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan patah hati adalah dengan membangun kembali hidup yang beberapa waktu lalu sempat hancur. Dengan atau tanpanya hidup harus terus dilanjutkan, dan jangan biarkan kepergian orang yang sudah tidak menyayangi Anda mengehentikan langkah dan kesempatan untuk bahagia.

Anda dapat mulai membangun kembali dengan harapan dan semangat, fokus pada karir penuh, mengunjungi waktu bersama teman-teman, kedai kopi favorit atau apa pun yang dapat membantu menciptakan kebiasaan dan rutinitas baru. Ciptakan kenangan baru yang menyenangkan dan hidup harus terus berjalan.