5 Aktivitas Sederhana yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak, Berikan Perubahan Besar pada Tumbuh Kembang Si Kecil
Ilustrasi aktivitas sederhana bersama anak yang berpengaruh positif (Unsplash/Liana Mikah)

Bagikan:

PALEMBANG- Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mendidik anaknya. Tapi menjadi orang tua tidaklah semudah yang dibayangkan. Waktu tidur terbatas, perlu membagi waktu antara pekerjaan dan buah hati, hingga suasana hati anak yang kadang naik dan turun.

Tugas tersebut bisa sangat melelahkan, bahkan mungkin pernah gagal menjadi orang tua yang sempurna. Tenang, perubahan besar bisa dilakukan lewat aktivitas sederhana bersama anak. Berikut aktivitas yang bisa memberi dampak positif pada hubungan Anda dan si kecil.

1. Bermain peran

Menurut penelitian di Jepang dilansir  Parents,  bermain peran atau berakting bisa membantu pembelajaran emosional dan sosial pada anak. Jadi, ambil beberapa perlengkapan seperti pakaian yang disulap menjadi kostum unik nan imajinatif. Kemudian bermain peran bersama anak untuk mengisi waktu berkualitas Anda dan mereka. Buat bergiliran agar anak-anak belajar bertanggung jawab dan memecahkan masalah secara kreatif.

2. Berpelukan untuk memberi dan menerima dukungan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak minum anak dapat memanjakan mereka. Tetapi penelitian lain membuktikan bahwa anak-anak yang mendapatkan kasih dan dukungan fisik ekstra dari orang tua mereka cenderung menjadi orang dewasa yang bahagia, penyayang, dan tidak senang. Jadi, saling memberi dan menerima dukungan dengan sentuhan fisik, berpelukan misalnya, bisa dijadikan rutinitas.

3. Berlibur bersama anak

Ini bukan tentang liburan yang mewah, tetapi Anda dan anak-anak perlu mencoba jauh dari rumah. Menurut direktur Family Holiday Association, John McDonald, kenangan masa kecil yang mengesankan merupakan kebahagiaan anak-anak ketika melewati masa sulit ketika telah dewasa. Penelitian membuktikan ini, bahwa partisipan mengingat kembali kenangan agar lebih penting dalam melewati masa-masa sulit.

4. Memberikan Perhatian yang dibutuhkan anak

Seorang psikolog anak Meghan Walls, Psy.D. disarankan untuk memberi perhatian yang dibutuhkan anak. Ini bisa sesederhana sederhana sebelum tidur, atau melibatkan anak-anak dalam aktivitas pagi sarapan. Meski aktivitas hanya 10 menit sehari, tetapi dapat memperkuat perilaku baik dan membangun hubungan sehat antara anak dan orang tua.

5. Berswafoto untuk tujuan positif

Berswafoto bersama buah hati, tentu akan mengasyikkan. Anda bisa mengambil tongsis, kemudian tertawa atau pasang ekspresi cemberut yang  cute. Mengajak anak berfoto bersama Anda, memiliki tujuan positif. Yaitu meningkatkan kebahagiaan dan persepsi diri yang positif, menurut penelitian kecil di Psychology of Well-Being.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.