Mengena;l 4 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan, Tak Cuma sebagai Pelengkap Makanan
Ilustrasi kacang polong (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu jenis biji-bijian yang kerap digunakan untuk pelengkap memasak makanan adalah kacang polong. Ternyata kacang polong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Real Simple, Kamis, 10 Februari, setiap porsi berukuran setengah cangkir (sekitar 170 gram) kacang polong mengandung 62 kalori, beserta sejumlah vitamin, mineral, dan nutrisi makro. Berikut ini manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Mengandung banyak serat

Setiap setengah cangkir kacang polong segar mengandung 4 gram serat. Sebagai perbandingan, jumlah serat yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 21-26 gram per hari. Serat tak larut yang terkandung dalam kacang oolong akan bermanfaat untuk memberi rasa kenyang, mengatur nafsu makan, dan memperbaiki pencernaan.

Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain dari kandungan seratnya yang fantastis, kacang polong mengandung banyak mineral yang menyehatkan jantung seperti magnesium, potassium, dan kalsium. Kalium penting untuk menurunkan tekanan darah, dan kalsium dari sumber makanan (dan bukan dari suplemen) telah terbukti mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit jantung, sedangkan magnesium bertanggung jawab untuk mengangkut kalsium dan potasium ke jantung.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kacang polong pada dasarnya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan Anda, termasuk 13 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan, ditambah kandungan vitamin E, zinc, dan antioksidan untuk membantu tubuh Anda melawan berbagai infeksi.

Membantu mengatur gula darah

Kacang polong segar memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah, sehingga menjaga agar gula darah anda tidak melonjak naik. Serat dan protein dalam kacang polong juga dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.