Orang Kurus Sudah Makan Banyak tapi Tak Bisa Gemuk, Ealah! Ternyata Dia Penyebabnya
Ilustrasi makan banyak tapi tak gemuk (Unsplash/Frederick Medina)

Bagikan:

PALEMBANG- Tidak hanya menurunkan berat badan atau diet, beberapa orang justru berharap bisa menambah berat badannya. Target menaikkan berat badan ini juga cukup sulit direalisasikan berkaitan dengan metabolisme dan jumlah serta jenis makanan yang dikonsumsi.

Apakah Anda sulit menaikkan berat badan meski sudah banyak makan? Atau memiliki kerabat dan teman yang mengalaminya? Ternyata, metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh tingkat metabolisme basal. Metabolisme basal biasa disebut dengan BMR (Basal Metabolic Rate).

Penyebab Makan Banyak tapi Tetap Kurus

Menurut dokter Neha Sanwalka, dilansir The Health Site, Jumat, 21 Januari, BMR adalah tingkat pengeluaran energi minimal per satuan manusia ketika manusia istirahat. Saat beristirahat, kita tidak melakukan aktivitas berat. Ketika itu tubuh menghabiskan sebagian energi untuk aktivitas mendasar, seperti bernapas, memompa jantung, fungsi otak, dan kecepatan tubuh dalam melakukan aktivitas tersebut.

Mereka dengan BMR tinggi akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat dibandingkan dengan mereka yang memiliki BMR lambat. Hasilnya, berat badan tidak naik-naik meski makan dalam porsi besar. Seiring bertambahnya usia, BMR juga menurun. BMR juga akan meningkat seiring dengan peningkatan massa otot.

Orang Bertubuh Kurus Perlu Melakukan Olahraga

Namun, kurus tidak melulu memiliki tubuh yang sehat. Seperti yang dijelaskan oleh ahli endokrinologi, dokter CS Yagnik, orang yang memiliki tubuh kurus tetap membutuhkan olahraga. Sebab pada kondisi tertentu, meski berbadan kurus berpotensi memiliki lingkar pinggang yang besar atau BMI yang tinggi. Jika tidak diimbangi dengan olahraga, risiko terkena penyakit kardiovaskular dan komplikasi akan lebih tinggi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.