4 JenisMasalah Kesehatan Mental yang Sering Dialami Wanita
Ilustrasi Depresi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kesehatan mental adalah salah satu hal penting yang perlu dijaga, kesehatan mental juga tidak penting. Sebab faktanya wanita termasuk rentan mengalami gangguan kejiwaan lebih besar dibanding para pria. 

Penyebabnya memang beragam, tapi tidak ada salahnya Anda mencari tahu agar lebih waspada dan segera mendapatkan bantuan jika mengalaminya. Nah, berikut ini adalah empat masalah mental yang sering menimpa para wanita: 

Baby blues 

Setelah melahirkan, banyak wanita mengalami baby blues yang merupakan salah satu masalah mental. Baby blues merupakan sindrom yang membuat wanita jadi lebih sensitif, mudah dan marah, merasa tertekan, dan sedih selama beberapa minggu pasca persalinan. 

Biasanya ini muncul karena kelelahan, beradaptasi dengan bayi baru lahir, serta perubahan hormon. Setelah melahirkan, kehidupan4 JenisMasalah Kesehatan Mental yang Sering Dialami Wanita rasanya langsung berubah. Anda mungkin ingin bertahan dalam tubuh setelah melewati saat-saat, masih merasa tidak nyaman dengan perubahan bentuk tubuh, juga masih bingung merawat bayi. 

Namun, saat yang sama Anda pun harus menyusui dan merawat bayi, tetap mengurus urusan rumah tangga, dan merasa tertekan dengan semua yang terjadi. 

Depresi

Wanita juga rentan mengalami depresi. Penyebabnya bisa beragam, dari masa puber, kehamilan, interaksi, menopause, beban kerja berat, mengalami kejadian, faktor genetik atau lingkungan, atau memang ada masalah-masalah pribadi yang menumpuk.

Berbeda dengan stres, depresi merupakan gangguan mental yang sangat buruk. penderitaannya bisa mengalami gangguan suasana hati, selera makan, pola tidur, merasa sedih dan putus asa berlarut-larut, kematian, bahkan sampai bunuh diri sendiri dan ingin bunuh diri. 

Gangguan kecemasan 

Kecemasan mungkin jadi hal yang normal terjadi saat Anda mengalami hal-hal di luar perkiraan. Namun, gangguan kecemasan ini lebih dari biasa. biasanya rasa segera akan segera hilang bila masalahnya teratasi. 

Namun, orang yang punya gangguan ini merasakan kecemasan yang berlebihan sampai susah dikendalikan. Bahkan sampai susah tidur, jantung terus berdebar, susah konsentrasi, berkeringat dingin, gelisah, dan tidak bisa tenang dalam waktu lama. Anda akan butuh bantuan dari ahli kejiwaan untuk menangani masalah ini dan mendapatkan perawatan yang tepat. 

Eating disorder 

Wanita juga rentan mengalami gangguan makan, mulai dari anoreksia, bulimia, dan binge eating. Gangguan ini biasanya berkaitan dengan emosi yang membuat seseorang bisa makan sangat banyak atau bahkan sangat sedikit di level ekstrem. 

Penyebab gangguan makan bisa karena faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, dan perasaan tidak puas pada tubuh sendiri, misalnya terlalu gemuk sehingga merasa jelek. Apalagi jika Anda masih dekat dengan orang-orang yang menganggap cantik itu harus kurus atau langsing, sementara wanita gemuk dianggap tidak lebih rendah. Jika mengalami gejalanya, segera hubungi psikolog atau pskiater untuk mendapat perawatan intensif.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .