5 Cara Menguatkan Relasi Pertemanan Supaya Terhindar dari Kesepian
Ilustrasi cara memperkuat relasi pertemanan (Freepik/Tirachardz)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada banyak faktor-faktor sederhana yang bisa memperkuat relasi pertemanan. Seperti mengingat nama panjang dan menanyakan kabar adalah cara untuk memberitahu hadirnya penting bagi Anda.

Dalam penelitian psikologi sosial, kenyamanan dalam menjalin interaksi dengan teman bisa dilakukan dengan tips ini. Cara ini bisa dipraktikkan lho, alih-alih kesepian dan merasa sendiri lebih baik membangun support system dari lingkaran pertemanan Anda.

1. Sering berinteraksi

Ini mengapa semakin bertambah usia semakin sedikit teman yang dimiliki. Pasalnya, waktu habis untuk menggenapi prioritas utama dalam hidup, misalnya bekerja, berkeluarga, dan istirahat. Tetapi sering menjalin interaksi dengan teman Anda tak melulu menghabiskan waktu. Anda cukup mengalokasikan waktu luang, meski hanya saling sapa lewat mengirim pesan atau media sosial.

2. Ajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan merupakan cara seseorang mengekspresikan keingintahuan. Dilansir Psychology Today, Jumat, 7 Januari, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengajukan lebih banyak pertanyaan selama percakapan dianggap lebih responsif, lebih disukai, dan teman Anda tertarik untuk menjaga relasi pertemanan.

3. Ciptakan kesan yang baik

Kesan yang baik bisa didapat ketika Anda memperhatikan teman Anda. Ia akan memberikan hal serupa pada Anda sehingga tak merasa kesepian lagi. Maka, tunjukkan bahwa Anda bisa membuat teman merasa nyaman dan diperhatikan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.