5 Sisi Positif Ketika Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Bisa Diandalkan
Ilustrasi pasangan yang bisa diandalkan (Unsplash/Candice Picard)

Bagikan:

PALEMBANG- Banyak pasangan yang mengeluh ketika keduanya punya mobilitas atau kesibukan tinggi masing-masing. Padahal kesibukan menjadi halangan untuk tetap menjalin hubungan romantis. Namun, jika keduanya saling mendukung dan bisa diandalkan, ada pengaruh positif dalam hubungan tersebut.

Para peneliti dari Universitas Washington, dilansir Psychology Today, Jumat, 3 Desember, menemukan bahwa menikah dengan pasangan yang teliti, terorganisir, dan dapat diandalkan memprediksi kepuasan kerja di masa depan dan pendapatan yang lebih tinggi.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Wilhelm Hofmann di University of Cologne di Jerman menunjukkan bahwa kepuasan hubungan yang tinggi secara positif memengaruhi perasaan kontrol atas pengejaran tujuan. Kata Hoffmann, hubungan yang stabil dan bahagia membuat pasangan lebih mudah untuk fokus.

Fenomena ‘menguntungkan’ tersebut dalam psikologi dikenal dengan fenomena Michaelangelo, yang mana pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa hubungan romantis bisa mendorong atau sebaliknya, menghambat kemajuan seseorang.

Menurut Judith Sills, seorang psikolog klinis di Philadelphia mencatat bahwa kita sangat dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Aaron Ben-Ze’ev, seorang profesor di Universitas Haifa dan penulis The Arc of Love: How Our Romantic Lives Change Over Time, mengatakan bahwa keyakinan dan perilaku pasangan terhadap kita bisa membawa kita lebih dengan dengan orang yang kita inginkan.

Menurut Ben-Ze’ev, kita bisa menjadi seseorang yang ‘ideal’ atau mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Ini menggambarkan fenomena Micelangelo, yang dalam proses memahatnya membuat bentuk-bentuk ideal dan melepaskan sisi tersembunyi dari medianya, marmer.

Lantas apa pengaruhnya pada kehidupan Anda ketika memiliki pasangan yang bisa diandalkan? Ini daftarnya.

  1. Membantu mencapai tujuan

Dengan mengakui dan menerima bantuan satu sama lain, berdasarkan penelitian psikolog Edward Orehek dari Universitas Pittsburgh, pasangan akan merasa lebih puas dengan hubungan mereka. Misalnya, ketika Anda sibuk dan jadwal padat, ada pasangan yang mengingatkan dan membuatkan makan sehat. Artinya Anda perlu mengakui perhatian pasangan dan menerima sebagai bantuan untuk mencapai tujuan Anda.

2. Membuat Anda lebih percaya diri

Kadang, aspek lain dari diri sendiri masih belum terasah karena enggak percaya diri atau mendapatkan dukungan secara tepat. Ketika Anda memiliki pasangan yang bisa diandalkan, ia akan mendukung Anda menjadi diri sendiri dan mungkin menjadi lebih berprestasi.

3. Lebih mengenal prioritas

Tidak memiliki prioritas membuat lupa waktu atau minim memberikan perhatian pada pasangan. Ketika memiliki pasangan yang teliti dan terorganisir, ia akan mengingatkan mana yang prioritas dan enggak.

4. Emosi lebih seimbang

Psikolog di University of London, Madoka Kumashiro, mengatakan bahwa dalam hubungan yang baik pasangan dapat menyeimbangkan temperamen satu sama lain. Bagi workaholic, mungkin memilih menyelesaikan laporannya pada akhir pekan. Punya pasangan yang lebih santai bisa meyakinkan bahwa akhir pekan adalah waktunya istirahat dan menikmati waktu berdua.

5. Merasa lebih berharga

Masih tentang keterampilan yang tersembunyi, menurut Orehek, hubungan yang baik membuat kita belajar memberi yang dibutuhkan pasangan dan belajar menghargai apa yang diberikan pasangan kepada kita. Anda dan pasangan akan merasa lebih berharga karena relasi yang ‘menguntungkan’ tersebut.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.