Tips Pemakaian Lipstik Supaya Awet di Bibir dan Tidak Mudah Pudar
Ilustrasin menyentuh kulit bibir (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Penampilan akan lebih lengkap dengan menambah lipstik polesan di bibir sehingga membuat wajah tampak lebih segar. Para wanita pun selalu berhasil dan tidak pernah gagal dalam tampil cantik dan mengagumkan dengan lipstik polesan di bibir.

Namun seringnya, lipstik yang dikenakan terkadang memudar hanya dalam hitungan jam. Tidak mau hal tersebut terjadi? Simak tipsnya memakai lipstik agar lebih tahan lama dan tidak cepat luntur, melansir Beautified, Selasa, 26 Oktober, berikut ini.

Eksfoliasi bibir

Seperti kulit wajah yang perlu rutin dieksfoliasi agar perawatan kulit dan riasan menempel lebih baik, sama halnya dengan kulit bibir. Ia pun perlu mempersiapkan agar lipstik yang dikenakan bisa ditempel lebih tahan lama.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan scrub khusus bibir untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat bibir menjadi lebih cerah dan lembut.

Lapisi bibir dengan lip primer

Salah satu tips memakai lipstik agar tahan lama di bibir, tidak hanya berhenti hingga tahap eksfoliasi saja. Lip primer dengan formula melembapkan juga wajib digunakan setelah proses eksfoliasi dilakukan. Bibir yang lembap, ternutrisi dan terlindungi akan lebih siap menerima pulasan warna lipstik dan membuat formulanya menempel lebih baik di bibir. Hal tersebut juga membantu warna lipstik tahan lebih lama.

Gunakan lip liner di bibir

Setelah memastikan kulit bibir mulus tanpa sel mati dan lembap, langkah selanjutnya adalah melapisi bibir dengan lip liner. Lip liner adalah salah satu produk yang selalu digunakan para makeup artist andal bila ingin membuat lipstik tahan lama di bibir.

Pasalnya, lip liner akan mempertahankan warna lipstik yang dikenakan agar tidak pudar dan memastikan lipstik tidak keluar dari garis bibir.

Pilih lipstik tekstur matte yang lebih tahan lama di bibir

Agar lipstik tahan lama, perhatikan juga tekstur lipstik yang digunakan. Lipgloss, lip tint atau lipstik dengan komposisi krim tentu akan lebih cepat pudar dibandingkan dengan tekstur matte. Lipstik mattedirancang dengan kandungan berbeda dengan lipstik creamy atau glossy, yaitu kandungan wax dan pigmen yang lebih tinggi serta muatan minyak yang minimal.

Blot bibir dengan tisu sebelum mengaplikasikannya lagi

Untuk memastikan lipstik tahan hingga foto, maka ambil selembar tisu dan jepit di antara kedua bibir. Teknik “blotting” ini untuk mengantisipasi lipstik memudar di bagian tertentu saja, biasanya di bagian tengah bibir. Dengan blotting, lipstik yang menumpuk akan terangkat dan menempel di tisu. Ingin tampilan yang lebih intens? Pulas kembali lipstik setelah blotting, dengan fokus penggunaan pada tengah bibir.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI Sumsel dengan judul Tips Penggunaan Lipstik agar Lebih Awet di Bibir . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .