Pemprov Babel Bangun Demplot Pertanian di Tujuh Kota
Ilustrasi peternakan sapi (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Deminatrion plot (demplot) pertanian sebanyak tujuh unit akan dibangun oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk memberi kemudahan bagi para penyuluh dalam membimbing dan membina petani dalam mendongkrak hasil pertaniannya.

"Kami sudah mengganggarkan Rp40 juta setiap kabupaten/kota untuk pendirian demplot pertanian ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Pembangunan Demplot Pertanian di Tujuh Kabupaten di Bangka Belitung

Ia mengatakan pembangunan demplot pertanian di tujuh kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Pangkalpinang sebagai upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan sumber daya petani mengembangkan usaha pertaniannya.

"Demplot ini sebagai sarana percontohan bagi petani. Petani tidak hanya mendapatkan teori tetapi dapat melihat dan membuktikan langsung terhadap objek yang didemontrasikan oleh para penyuluh," katanya.

Menurut dia, dalam mengoptimalkan demplot pertanian ini, diharapkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) agar dapat bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang bertujuan untuk menggenjot usaha pertanian menjadi skala bisnis.

"Kita berharap dengan adanya demplot ini dapat mempercepat mewujudkan swasembada pangan, khususnya daging sapi pada 2025 nanti yang bermuara selain memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat Babel," katanya.

Program Swasembada Daging Pemprov Belitung

Ia menilai program swasembada daging ini tidak hanya meningkatkan ketersediaan daging masyarakat, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan para peternak di Babel.

"Demplot ini penting untuk meningkatkan produk pertanian, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pasokan pangan dan daging dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.