Kesadaran Nelayan Melihat Prakiraan Cuaca sebelum Melaut Alami Peningkatan, BMKG Merasa Senang
Sub Koordinator Manajemen Observasi Meteorologi Maritim BMKG (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kesadaran para nelayan di Bangka  dalam mengakses informasi prakiraan cuaca untuk persiapan melaut mengalami peningkatan. Hal itu disampaikan oleh Bayu Edo Pratama, Sub Koordinator Manajemen Observasi Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Pemahaman masyarakat nelayan semakin meningkat dan sudah mulai memanfaatkan informasi cuaca dari BMKG," kata Bayu Edo.

Hal ini disampaikan dalam acara Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2022 yang diselenggarakan oleh Stasiun Meteorologi H.AS Hananjoeddin Tanjung Pandan diikuti sebanyak 100 nelayan di daerah itu.

Menurut dia, para nelayan mulai memiliki pemahaman dan kesadaran mengakses informasi cuaca BMKG baik sebelum atau ketika sedang turun melaut.

"Karena nelayan sendiri mengatakan bahwa kondisi cuaca saat ini sudah tidak menentu," ujarnya.

Perubahan Iklim Membuat Kondisi Cuaca Berubah Tidak Menentu

Ia mengatakan, akibat terjadinya perubahan iklim maka untuk memahami kondisi cuaca tidak bisa hanya mengandalkan ilmu atau keahlian semata yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu.

"Karena perubahan iklim yang membuat kondisi cuaca sedikit bergeser sehingga BMKG dengan teknologinya mencoba menjembatani dan memberikan informasi kepada para nelayan tentang cuaca lebih tepat dan akurat ketika turun melaut," katanya.

Bayu menambahkan, BMKG menyediakan aplikasi "Indonesian Weather Information for Shipping" (INA-WIS), yakni sistem informasi cuaca maritim interaktif dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna transportasi laut.

"Aplikasi tersebut berisikan informasi cuaca, ketinggian gelombang, kecepatan angin, peringatan dini," ujarnya.

Para Nelayan Diminta Memanfaatkan Informasi Prakiraan Cuaca untuk Melaut

Ia mengimbau, para nelayan untuk dapat memanfaatkan informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG guna keamanan dan keselamatan saat melaut.

"Mengakses informasi cuaca yang mudah dan cepat sangat mendukung keselamatan saat melaut serta meningkatkan hasil tangkapan," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.