Pemkab Bangka Barat Berikan Bantuan 100 Unit Rumah Layak Huni
Bupati Bangka Barat Sukirman (baju merah) secara simbolis menyerahkan bantuan 100 unit rumah layak huni program BSPS. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan sejumlah 100 unit rumah layak huni diberikan oleh Pemkab Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada masyarakat yang layak kriteria lewat program Bantuan Stimulan Program Swadaya (BSPS).

"Ini adalah rumah subsidi pemerintah, tapi dikreasi sendiri dengan swadaya dan semangat gotong royong warga. Insya Allah jadi rumah yang cantik, sehat, produktif dan layak huni," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu.

Pada tahun ini, Kabupaten Bangka Barat memperoleh alokasi bantuan BSPS yang menggunakan dana APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 100 unit.

Data Warga yang Memenuhi Kriteria Penerima Bantuan Program Swadaya Pemkab Bangka Barat

Bantuan tersebut disalurkan kepada warga yang memenuhi kriteria penerima bantuan di empat desa di Bangka Barat, yaitu Desa Tumbakpetar sebanyak 25 keluarga penerima, Rukam 30, Bukitterak 20, dan Desa Ibul 25 keluarga.

"Secara simbolis sudah kami serahkan di Balai Desa Rukam, Jebus kepada beberapa perwakilan penerima. Kami berharap bantuan ini bermanfaat dan mampu meningkatkan kualitas hidup warga penerima manfaat," kata Sukirman.

Menurut dia, program BSPS ini untuk meningkatkan kualitas rumah secara swadaya, sehingga warga desa dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.

Program BSPS utnuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat Hanson Riyadi mengatakan BSPS adalah bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR bagi masyarakat rendah.

"Ini merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan sekaligus mendorong warga agar semakin produktif," katanya.

peningkatan kesejahteraan tetap menjadi salah satu pertimbangan dalam pelaksanaan pembangunan rumah layak huni tersebut, karena melibatkan pemilik rumah dan warga sekitar atau memperhatikan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .

Terkait