Pemerintah Evakuasi WNI di Afghanistan Menggunakan Pesawat TNI AU
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (Sumber: Kementerian Luar Negeri Indonesia)

Bagikan:

PALEMBANG- Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan berhasil dievakuasi pemerintah Indonesia memakai pesawat TNI Angkatan Udara. Pemerintah Mengambil langkah cepat memulangkan warganya setelah negara tersebut diambil alih oleh Taliban.

Kabar ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui akun Twitternya @Menlu_RI.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU," demikian dikutip dari cuitannya pada Jumat, 20 Agustus.

Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Retno mengatakan pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke Indonesia.

Warga Indonesia yang Dievakuasi dari Afghanistan

Adapun jumlah warga Indonesia yang dievakuasi mencapai 26 orang termasuk staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Selain itu, pesawat ini juga mengevakuasi 7 orang warga negara asing yang terdiri dari 5 warga Filipina dan 2 warga Afghanistan yang merupakan suami dari warga Indonesia dan staf lokal di KBRI.

Taliban Berhasil Kuasai Afghanistan setelah Melancarkan Serangan

Diberitakan sebelumnya, Taliban sukses memasuki ibu kota Kabul dan menduduki istana kepresidenan pada Minggu 15 Agustus, membuat Presiden Ashraf Ghani mengungsi dan negara-negara asing berupaya mengevakuasi diplomat, misi asing hingga warga sipilnya di Afghanistan.

Serangan beruntun yang dilancarkan Taliban membuat mereka jauh lebih cepat menguasai Afghanistan. Hal ini jauh dari perkiraan intelijen AS yang menyebut Taliban akan mengepung Kabul dalam waktu 30 hari serta merebut kota tersebut dalam 90 hari serangan beruntun

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.