Babel Gencarkan Suplai Stok Vaksin 11.206 Vial
Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan stok vaksin COVID-19 sebanyak 11.206 vial (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Distribusi stok vaksin COVID-19 sejumlah 11.206 vial sedang digencarkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihaknya mengambil langkah tersebut demi mengurangi angka kasus kesakitan dan kematian akibat paparan virus corona yang sedang melonjak.

"Kemarin red-Kamis (12/8), kita kembali menambahkan pasokan 5.390 vial vaksin Moderna," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan dengan adanya penambahan vaksin Moderna ini, maka total vaksin yang tersedia sebanyak 11.206 vial dengan rincian vaksin Biofarma 4.048 vial, Vaksin AZ (Covax) 1.004 vial dan vaksin Moderna 6.154 vial.

"Saat ini pemberian vaksinasi kepada masyarakat lebih banyak menggunakan jenis vaksin Biofarma mencapai 34.582 vial dibandingkan dengan AZ 1.396 vial dan moderna enam vial," ujarnya.

Daerah di Babel yang Menerima Distribusi Vaksin COVID-19

Ia mengatakan distribusi ketersedian vaksin paling banyak pada provinsi 6.612 vial, Kota Pangkalpinang 1.495 vial dan Kabupaten Bangka Tengah 873 vial. Sedangkan paling sedikit Bangka Selatan 211 vial dan Kabupaten Belitung 228 vial.

"Kegiatan vaksinasi harian dilakukan di berbagai titik dan selalu didukung penuh oleh unsur TNI, Polri serta instansi lainya agar dapat mempercepat akselerasi cakupan vaksin yang optimal dan segera mungkin," katanya.

Menurut dia vaksinasi ini merupakan salah satu strategi pemerintah dalam menangani laju perkembangan dan penyebaran virus corona, disamping strategi dan kebijakan lainnya untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Pemprov Babel Bersama TNI Gencarkan Program Vaksinasi

Selain itu, kegiatan vaksinasi massal ini untuk mencapai kekebalan kelompok, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

"Kita bersama TNI dan Polri terus berupaya agar secepat mungkin realisasi target vaksin di masyarakat segera dicapai, seperti yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi yang meminta mulai 1 Juli 2021 target 1 juta dosis per hari," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.