Begini Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam; Sosialiasi dari Pemkab Bangka Tengah
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. (ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

PALEMBANG - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tinggal menghitung hari. Untuk mempersiapkan hal itu, Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , mengadakan sosialisasi teknis penyembelihan hewan kurban yang aman dan baik, serta menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Saat pandemi dan penerapan pemberlakuan kegiatan masyarakat ( PPKM ) skala mikro ini, tentu penyembelihan atau pemotongan hewan kurban kami atur sehingga lebih halal dan aman secara kesehatan," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Pemkab Bangka Mengedukasi Teknis Penyembelihan yang Aman dan Sesuai Syariat Islam

Pemerintah daerah setempat memberikan edukasi kepada panitia hewan kurban pada setiap rumah ibadah atau masjid agar proses pemotongan hewan baik secara kesehatan maupun secara Syariat Islam.

"Pola pemotongan hewan kurban juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi virus corona jenis baru, dengan selalu taat dan patuh terhadap protokol kesehatan,".

Bupati juga meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pengecekan terhadap hewan kurban yang akan didisembelih untuk memastikan tidak mengalami penyakit yang dagingnya berbahaya jika dikonsumsi.

"Setiap lapak dan penampung hewan kurban wajib dilakukan pengecekan, pastikan aman sebelum disembelih," ujarnya.

Pemkab Bangka Membentuk Tim Khusus Pengecekan Kelayakan Hewan Kurban

Sementara Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah Sajidin mengatakan bahwa jika sudah siap tim khusus untuk mengunjungi kurban.

Ia juga mengatakan ingin menjual pengecekan bersama dokter hewan. memiliki dokter hewan khusus di setiap kecamatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .