Lanal Kembangkan Kelurahan 15 Ulu Kota Palembang Menjadi Kampung Bahari Nusantara
Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari (dua kiri) bersama Walikota Palembang Harnojoyo (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan dikembangkan menjadi Kampung Bahari Nusantara oleh Pangkalan Laut (Lanal) Palembang. Kebijakan tersebut dijalankan untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam lima kluster prioritas

Adanya kampung Bahari Nusantara diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan memantapkan kemanunggalan TNI AL bersama rakyat.

Kampung Bahari Pertama di Sumatera Selatan

Lanal Palembang Kolonel Laut (P)Lanal Kembangkan Kelurahan 15 Ulu Kota Palembang Menjadi Kampung Bahari Nusantara Filda Malari, komandan di kampung bahari tersebut mengembangkan pengembangan kluster pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan ketahanan keamanan.

"Kelurahan 15 Ulu menjadi kampung bahari nusantara pertama di Sumsel," ujarnya setelah peresmian kampung bahari, Selasa, 16 Juni.

Menurut dia masyarakat di lokasi tersebut sebagian besar tidak memiliki pekerjaan tetap, cenderung heterogen dan masih terdapat potensi anak-anak sehingga dipilih Kepala Staf TNI AL untuk dikembangkan sebagai kampung bahari nusantara bersama kampung-kampung lain di Indonesia.

Pengembangan itu seperti mengadakan budidaya ikan lele untuk rumah tangga pada sektor ekonomi, pelatihan wawasan kebangsaan pada sektor keamanan untuk kalangan pemuda dan pendirian rumah pintar untuk anak-anak pada sektor pendidikan

"Sudah ada 100 anak yang dididik di rumah pintar," kata dia menambahkan.

Pemkot Palembang Akan Membantu Penyediaan Infrastruktur Kampung Bahari Nusantara

Sementara Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan sangat mendukung upaya pemberdayaan masyarakat oleh Lanal Palembang dan akan membantu kebutuhan infrastruktur agar program tersebut sukses.

"Kami yakin adanya kampung bahari akan memberi manfaat kepada masyarakat, karena tadi sempat dijelaskan jika dalam empat hari anak-anak di sini sudah mampu menghafal 500 kosakata bahasa Inggris, itu luar biasa," ujar Harno.

Lebih lanjut, saya berharap program Kampung Bahari Nusantara Lanal Palembang dibantu oleh semua pihak. Selain itu, program tersebut diharap dapat menjadi contoh bagi kampung-kampung lain.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .