Menlu AS Kunjungi Israel Selama 4 Hari; Dorong Genjatan Senjata di Gaza
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken. (ANTARA/REUTERS/Carlos Barria/Pool/tm/am.)

Bagikan:

PALEMBANG - Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), melaksanakan perjalanan kunjungan ke Timur Tengah. Pihaknya ingin mendorong gencata senjata yang sudah disepakati oleh Israel dengan kelompok Hamas yang berkerumun di Gaza.

Blinken membawa misi baik dalam kunjungan itu. Ia ingin membantu mempercepat bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah kantong Palestina yang hancur .

Israel Akses Memberikan Bantuan Obat-obatan dan Makanan ke Jalur Gaza

Bersamaan dengan misi Blinken, otoritas Israel mengungkapkan mereka menggairahkan bahan bakar, obat-obatan dan makanan yang dialokasikan untuk sektor swasta Gaza wilayah itu untuk pertama kalinya sejak 11 hari permusuhan lintas batas yang berakhir pada 10 Mei.

Blinken juga akan mengunjungi Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, Kairo dan Amman, dengan Amerika Serikat menyimpan "setiap keyakinan dan harapan" bahwa gencatan senjata akan terus berlanjut, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS.

Amerika Serikat dan Israel Menengahi Gencatan Senjata Israel - Palestina

"Fokus utama kami adalah mempertahankan keadaan gencatan senjata, memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya," kata pejabat AS itu yang bersedia menjadi sumber nara tanpa nama namanya.

Mesir, yang berkoordinasi dengan Amerika Serikat, gencatan senjata menengahi antara Israel dan Hamas.

Blinken akan tinggal di Timur Tengah hingga Kamis. Rencananya, ia akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada Selasa Malam.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .