Cara Membersihkan Sepatu yang Sudah Menguning, Ternyata Sangat Mudah
Ilustrasi sepatu putih (Vershoren/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Menggunakan sepatu dengan sol berwarna putih memang tampak lebih keren. Sayangnya, seiring berjalannya waktu perubahan dapat terjadi pada bagian tersebut.

Biasanya, warna sol yang berubah dari putih menjadi kekuningan tersebut disebabkan karena noda, lama tidak dibersihkan, atau usia sepatu yang sudah cukup lama.

Berikut ini cara membersihkan sepatu putih yang menguning, yang tentu bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang merasa kesulitan dalam merawatnya.

Detergen

Cara membersihkan sol sepatu putih yang mulai menguning yaitu dengan menggunakan detergen. Caranya, cukup rendam sepatu dengan detergen terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat kemudian sikat sol perlahan hingga kembali bersih. Bilas hingga busanya hilang kemudian jemur sepatu di tempat teduh.14 Apr 2021 21:10

Sampo atau sabun cuci piring

Sampo dan sabun cuci piring pun dapat Anda gunakan untuk membersihkan sol sepatu putih yang menguning. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang dapat membersihkan kotoran dan minyak. Untuk itu, bahan ini dipercaya dapat membersihkan sol sepatu.

Cara penggunaannya, cukup ambil sedikit sampo atau sabun cuci piring, lalu oleskan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok perlahan dengan kain atau spons hingga bersih.

Kulit pisang

Kulit pisang juga dapat Anda manfaatkan untuk memutihkan kembali sol sepatu yang menguning. Anda hanya perlu menggosok sol yang kotor dengan kulit pisang. Lakukan secara berulang hingga hasilnya memuaskan.

Pemutih

Pemutih sering dijadikan bahan untuk memutihkan kembali sol sepatu yang perlahan menguning. Karena bersifat korosif, Anda tidak disarankan untuk menggunakan pemutih secara berlebihan. Cukup ambil sikat gigi lalu oleskan sol sepatu dengan sedikit pemutih kemudian bilas dengan air bersih.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini telah tayang sebelumnya di VOI.