Bandara H.AS. Hanandjoeddin Belitung Sediakan Posko Pemeriksaan Penumpang
Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandar Udara H.AS Hanandjoeddin Belitung, Untung Basuki. (Antara/kasmono)

Bagikan:

Bangka Belitung- Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan tetap beroperasi secara normal selama masa pelarangan mudik lebaran 2021 pada 6 - 17 Mei. Pelayanan bandara tetap jalan untuk memfasilitasi angkutan logistik dan perjalanan non mudik.

Posko pemeriksaan dibangun di Bandara H.AS Hanandjoeddin untuk memberi keamanan kesehatan bagi penumpang yang melakukan perjalanan pada masa peniadaan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Nanti akan kami juga akan membangun posko yang nanti akan dibantu oleh tim Satgas dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," tutur Untung Basuki, Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandar Udara H.AS Hanandjoeddin Belitung, di Tanjung Pandan , Sabtu, 1 Mei.

"Misalnya adalah perjalanan dinas, perjalanan, penegakan hukum, evakuasi kesehatan, kunjungan keluarga sakit hingga kedukaan dengan menunjukkan dokumen yang dipersyaratkan," ujarnya.

Penumpang Wajib Menjalani Dua Pemeriksaan

Untuk menambahkan keamanan kesehatan pada masa peniadaan, calon penumpang di bandara tersebut akan memeriksa dua pemeriksaan yang pengecekan surat keterangan kesehatan dan validasi dokumen-dokumen yang dipersayaratkan.

"Kalau calon penumpang tidak memenuhi syarat maka akan ditolak jadi penumpang harus melengkapi persyaratan-persyaratan sert dokumen pendukung itu," katanya.

Kuota Penumpang Masih Stabil Selama Ramadan

Untung ditambahkan, menjelang diberlakukannya larangan mudik lebaran penumpang di bandara tersebut masih stabil berkisar antara 800 sampai 1.000 penumpang dalam sehari.

"Sedangkan untuk pegerakan pesawat ada sekitar 10 pergerakan dalam sehari kami prediksi untuk jelang Idul Fitri juga tidak akan ada lonjakan yang signifikan," ujar dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .