Ekspor Bahan Industri Tumpuan Terbesar Ekonomi Sumsel, Komoditi Karetnya Tersebar ke Berbagai Negara
Foto dari Antara

Bagikan:

Ekspor bahan industri masih menjadi tumpuan laju ekonomi Provinsi Sumatera Selatan. Ada tiga produk yang menjadi komoditas utama, yaitu karet remah (crumb rubber), minyak sawit, dan bubur kertas (pulp).

Endang Tri Wahyuningsih, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih menyatakan bangga karena komiditas karetnya telah tersebar di berbagai negara.

“Hingga kini pangsa bahan ekspor untuk industri masih mendominasi di Sumsel dengan kontribusi mencapai 74,81 persen,” tutur Endang, Senin 15 Maret.

Meski pertumbuhan pada Februari 2021 mengalami penurunan sekitar 6,05 persen. Namun secara nilai ekspor, totalnya terhitung tinggi dengan membukukan 275,85 juta dolar AS (USD).

Ekspor Bahan Industri Paling Unggul Dibanding Sektor Lain

Berkat capaian tersebut,  ekspor bahan industri menjadi sektor yang terunggul dibandingkan tiga lainnya di bulan Februari. Tiga sektor tersebut, di antaranya pertanian (kelapa, hasil hutan bukan haku, lada hitam) hanya mempunyai nilai 4,45 juta USD, pertambangan (batubara) 74,45 juta USD, dan migas 12,54 juta USD.

Dalam hitungan year to year (yoy), ekspor industri tersebut justru mengalami kenaikan sebesar 32,74 persen. Otomatis kinerja positif dari ekspor industri tersebut dapat mendorong nilai ekspor Sumselmencapai 367,29 juta USD pada Februari.

“Seperti bulan-bulan sebelumnya, Sumsel kini bertumpu pada ekspor nonmigas yang mampu menyumbang 97,45 persen dari total ekspor,” ungkap Endang.

Pemprov Sumsel Diharap Mengembangkan Ekspor Pertanian

BPS menaruh harapan kepada Pemprov Sumsel untuk fokus mennggarap ekspor pertanian karena sektor tersebut melejit pesat. Dalam dua tahun terakhir, ekspor tersebut memeroleh pertumbuhan sejumlah 909,52 persen secara year to year (Februari 2021 terhadap Februari 2020).

“Ini suatu peluang, semisal buah kelapa bisa dilakukan hilirisasinya,” ujar Endang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.