Kisah Megawati Pernah Telepon Vladimir Putin Minta Dikirimi Alutista Perang, Gimana Jawabannya?
Megawati Soekarnoputri (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima RI Megawati, menceritakan kisahnya saat menelepon Valdimir Putin Presiden Rusia. Dalam panggilan telepon tersebut Megawati meminta alutsista perang untuk TNI.

Kisah itu Megawati sampaikan saat menjadi pembicara kunci dalam acara Talk Show  "Tapak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara" yang digelar TNI Angkatan Laut di geladak KRI Dewaruci, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis.

Ia menyampaikannya di hadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat menjadi pembicara kunci. Ia mengaku saat menjadi Presiden bertanya tentang kekuatan militer di Tanah Air.

"Saya tanya langsung kekuatan angkatan kita ini berapa banyak, aduh semua laporannya, kok, tidak menggembirakan. saya pergi ke Rusia," kata Megawati.

Megawati Pernah Minta Alutsista kepada Amerika dan Inggris

Megawati juga pernah meminta alutsista kepada Amerika dan Inggris namun tidak digubris. Padahal, kekuatan militer Indonesia pada zaman Presiden Soekarno terkuat di Asia Tenggara.

"Waktu itu saya minta pada Amerika enggak dikasih, saya minta pada Inggris enggak dikasih. Saya bilang  iki piye toh yo , kok, sombong-sombong banget. Ini pengalaman saya yang sekarang bisa diceritakan, bukan untuk menyombongkan diri. Bayangkan, katanya kekuatan kita waktu zaman bapak saya terkuat di Asia Tenggara, lalu sekarang bagaimana 'kan begitu sebagai presiden," jelas Megawati.

Megawati Menelpon Putin Minta Senjata Perang

Akhirnya Megawati menelepon Putin karena diundang untuk datang ke Rusia. Ia pun tidak akan memenuhi undangan Rusia bila tidak diberikan peralatan perang.

"Saya telepon Putin karena saya tanya diundang. Saya hanya  ngomong gini , 'saya hanya akan datang ke Rusia, tapi kalau saya enggak bawa peralatan perang saya enggak jadi datang'. Kalau enggak percaya, sama Putin sendiri. Putin bilang  selamat datang  Megawati. 'kan, pulang saya bawa banyak," kata Megawati.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.