Pemkab Muba Pakai Aplikasi Digital untuk Mengawasi Perkebunan Sawit, Peroleh Data dengan Cepat
Perkebunan Sawit (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Aplikasi digital "SIAPPBUN" digunakan oleh Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, untuk melakukan pengawasan pada sektor perkebunan sawit di daerah setempat.

Apriyadi, Pj Bupati Musi Banyuasin, menyampaikan hadirnya aplikasi SIAPPBUN (Sistem Aplikasi Pelaporan Pelaku Usaha Perkebunan) ini menjadi solusi bagi pemerintah untuk mengawasi perusahaan perkebunan sawit.

Aplikasi ini juga mempermudah pelaku usaha sektor perkebunan dalam membuat pelaporan ke pemerintah kabupaten. Hal ini juga untuk merealisasikan Permentan Nomor 5 Tahun 2018.

"Selama ini laporan pelaku usaha perkebunan di Muba sering terlambat dan tidak patuh. Dengan adanya aplikasi ini dapat memaksa pelaku usaha perkebunan di Muba untuk disiplin," kata dia.

Aplikasi SIAPPBUN Menjadi Inovasi Mengatasi Masalah Sektor Perkebunan Sawit

Apriyadi menyatakan dengan adanya aplikasi SIAPPBUN maka pemerintah dapat memperoleh data terkait sektor perkebunan dengan cepat karena memerlukan proses tatap muka.

Aplikasi SIAPPBUN merupakan terobosan untuk mengatasi masalah di sektor perkebunan sawit lebih cepat dan menyeluruh.

Saat ini terdata sebanyak 54 izin usaha perkebunan skala besar di Muba, beberapa diantaranya pernah dilaporkan kinerjanya ke pemerintah.

"Kalau sudah lapor, kami jemput bola bersama Forum Komunikasi Pemerintah Daerah melakukan pemantauan untuk memastikan kebenaran laporan yang telah masuk ke aplikasi SIAPPBUN," kata dia.

Luar Perkebunan Sawit di Musi Banyuasin

Ia menambahkan sektor perkebunan sawit dan karet merupakan mata pencarian utama penduduk Musi Banyuasin sehingga selalu mendapatkan perhatian pemerintah.

Berdasarkan data pemkab, luas perkebunan kelapa sawit rakyat mencapai 141.192 hektare dan perusahaan 302.279 hektare.

Saat ini pemerintah sedang berupaya mendongkrak harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani karena anjlok di kisaran Rp900 per Kg.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.