Pulang dari Mekkah, Jamaah Haji Embarkasi Palembang Wajib Skrining Kesehatan
Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Palembang (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Seluruh jemaah haji embarkasi Palembang yang kembali ke tanah air diwajibkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Langkah tersebut dilakukan demi mencegah importasi kasus COVID-19.

Armet Dachil, Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, menyampaikan jamaah haji embarkasi Palembang terdiri dari 9 kloter penerbangan dengan jumlah total sebanyak 3.201 orang.

Para jemaah haji di masing-masing kloter tersebut tiba dari Madinah ke Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang mulai 1 Agustus - 12 Agustus 2022 dini hari.

Proses Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji Palembang yang Kembali ke Indonesia

Menurut dia, setibanya di bandara, para jamaah haji tersebut langsung disambut oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas II Palembang untuk melaksanakan proses pemeriksaan kesehatan sesuai ketentuan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor SR.03.4/C/3519/2022.

"Seluruh jamaah akan diukur suhu tubuh, diperiksa tes usap Antigen, bagi yang terindikasi/bergejala COVID-19 dilakukan pemeriksaan RT-PCR untuk memastikan ada yang positif COVID-19 mereka dikarantina 14 hari," kata dia.

Screening Kondisi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia Pulang dari Mekkah

Ia menjelaskan, pada pelaksanaannya petugas KKP akan masuk ke pesawat untuk menanyakan kondisi kesehatan para jamaah secara satu per satu layar sebagai pertama.

Setelah itu jemaah dibawa menggunakan bus ke Asramah Haji di Jalan Tanjung Api-api Palembang, untuk melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan  thermoscan  (ukuran maksimal 37, 5 derajat  celcius ), pemeriksaan tes usap Antigen/RT-PCR.

"Jamaah yang dinyatakan sehat dibawa ke pondokan Asrama Haji untuk membersihkan diri, bersalin pakaian bersih dan kemudian beristirahat sampai jadwal pulang ke daerah masing-masing," kata dia.

Ia menyebutkan, sedia seluruh kondisi jamaah haji embarkasi Palembang sehat dan khusyuk beribadah.

"Saat ini mereka masih di Mekkah. Insya Allah beberapa hari ke depan Madina untuk melakukan Arbain, kurang lebih sembilan hari di sana, lalu bertolak ke Palembang," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.