IBI Gencakan Edukasi Gunakan Alat Kontrasepsi: Perhatikan Kesehatan Reproduksi dan Cegah Aborsi
Logo stop Aborsi (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dr Emi Nurjasi, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, meminta para bidan melakukan edukasi mengenai pentingnya memakai alat kontrasepsi bagi keluarga untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, Emi mengatakan kontrasepsi penting agar keluarga bisa merencanakan jarak kelahiran anak dan mencegah terjadinya aborsi. Metode kontrasepsi ada banyak macamya yang bisa dipilih.

"Berdayakan masyarakat, edukasi masyarakat agar mereka bisa mengerti bagaimana mengelola kesehatannya, termasuk kesehatan reproduksi-nya," kata Emi Nurjasmi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Aborsi Berbahaya Bagi Kesehatan

Pihaknya pun meminta masyarakat untuk tidak melakukan aborsi tanpa pengawasan dokter karena praktik aborsi sangat berbahaya bagi kesehatan.

Menurut dia, aborsi hanya boleh dilakukan pada kondisi darurat medis tertentu dan dilakukan dengan pengawasan dokter.

"(Aborsi) itu berbahaya, sangat berbahaya, supaya itu tidak terjadi, kita harus mengedukasi masyarakat," pesannya.

Sementara Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Eni Gustina menargetkan 70 persen ibu hamil mengikuti program Keluarga Berencana (KB) pasca-persalinan.

Edukasi Mengenai Kesehatan Seksual dan KB kepada Keluarga Muda

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, diperlukan upaya-upaya yang dapat mengubah pola pikir pasangan calon pengantin yang masih beranggapan bahwa setelah melakukan pernikahan harus segera memiliki anak.

Salah satunya melalui pendampingan yang dapat mengedukasi dan mengawal kesehatan keluarga menjadi lebih baik, termasuk mendekatkan KB yang digunakan dalam jangka panjang maupun pendek pada masyarakat. BKKBN sendiri sudah menyiapkan 200 ribu tim pendamping.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.