Jokowi Sambut Presiden Jerman di Istana Kepresidenan Bogor, "Pede" Lepas Masker di Luar Ruangan
Ilustrasi pertemuan Jokowi dengan Presiden Jerman (Foto: Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Presiden Joko Widodo menyambut tamu kunjungan negara Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier. Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, menyampaikan presiden dan tamu negara tetap mengenakan masker saat berada di dalam ruangan.

Presiden menyambut Frank-Walter Steinmeier di Halaman Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya memang melepaskan topeng saat berada di luar ruangan karena penularan COVID-19 yang rendah di Indonesia.

“Kita tetap konsisten (protokol kesehatan). Di luar kita bisa membuka masker, di luar kecil sekali. Tapi begitu masuk ke ruangan diharapkan atau disarankan tetap mengenakan masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian,” kata Budi di kawasan Istana Kepresidenan Bogor, Kamis 16 Juni.

Upacara Penyambutan Presiden Jerman Steinmeier

Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Steinmeier dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis. Saat tiba, Presiden Frank-Walter Steinmeier disambut iringan Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara.

Perbincangan Joko Widodo dengan Presiden Jerman

Dalam setiap prosesi penyambutan hingga perbincangan di Beranda Istana Kepresidenan Bogor, tampak kedua kepala negara tidak mengenakan masker.

“Indonesia sudah baik sekarang. Kita bukan negara yang sangat agresif untuk membuka (masker). Tetap waspada dan hati-hati. Pesan Presiden harus dilaksanakan, di luar bisa buka masker, tapi di dalam kita tetap pakai masker,” ujar Menkes.

Saat ini, Presiden Jokowi sedang melaksanakan pertemuan tatap muka dengan Presiden Frank-Walter Steinmeier.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.