Raturan Korban Banjir di OKU Mendapat Bantuan dari Dinsos Sumsel
Warga terdampak banjir di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan untuk korban banjir di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumsel. Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan kerugian korban bencana banjir.

Mailan Purnama, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial OKU, menyampaikan ratusan warga korban banjir menerima bantuan makanan dan keperluan bayi seperti popok sekali pakai guna meringankan beban warga setelah mendapat musibah.

Mailan Purnama juga mengatakan ada 150 dus berisi makanan siap saji dan keperluan bayi dibagikan kepada korban banjir di dua perumahan di Kecamatan Baturaja Timur.

"Penyerahan bantuan dilakukan langsung hari ini oleh pihak Dinas Sosial Provinsi Sumsel kepada ratusan kepala keluarga korban banjir di RS Holindo dan Sriwijaya, Kecamatan Baturaja Timur," ujarnya.

Menurutnya, titik fokus pembagian bantuan untuk warga di dua perumahan ini mengingat kawasan tersebut terparah dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai 3 meter.

Berdasarkan hasil pendataan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU tercatat sebanyak 1.714 unit rumah warga terdampak banjir akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Kamis (9/6) malam.

Data Warga Korban Banjir di OKU

Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa mengatakan, ribuan rumah warga yang terdampak banjir itu tersebar di dua kecamatan yaitu Desa Tanjung Baru, Desa Air Paoh, Kelurahan Sukaraya, Sekarjaya, Kemalaraja, Sukajadi, Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur dan Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat.

Meksipun tidak ada korban jiwa, kata dia, banjir dengan ketinggian air antara 30 centimeter hingga 3 meter itu merusak sejumlah fasilitas umum dan perabot rumah tangga milik warga dengan kerugian ditaksir lebih dari Rp1,5 miliar.

"Pascabanjir surut sejak kemarin siang, warga sudah mulai pulang ke rumah masing-masing untuk membersihkan material banjir," ujarnya.

Potensi Banjir Susulan di Baturaja OKU

Namun, Amzar kembali mengingatkan agar warga tetap waspada menghadapi potensi banjir susulan mengingat curah hujan tinggi diprediksi masih terjadi di Kabupaten OKU selama beberapa pekan ke depan.

"Kami juga menyiagakan personel untuk melakukan patroli di daerah rawan banjir agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.