200 Ribu Bibit Pohon Ditanam JBI OKU Sumsel, Peringati Hari Lingkungan Hidup
Penanaman bibit pohon di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 200 ribu bibit pohon produktif ditanam oleh Perkumpulan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia (JBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Gerakan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni.

Hendra Setyawan, pendiri JBI OKU, menyampaikan gerakan menanam pohon ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus sebagai upaya penyelamatan kawasan hutan agar tetap lestari.

"Kegiatan ini kami laksanakan mulai hari ini atau bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hingga pertengahan bulan nanti," katanya.

Dia menjelaskan, dalam program Bumi Hijau ini pihaknya menyiapkan sebanyak 200 ribu bibit pohon produktif untuk ditanam di atas lahan seluas 5.000 hektare.

Ribuan hektare lahan itu tersebar di enam kabupaten di Sumatera Selatan meliputi Kabupaten OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Empat Lawang, Pagar Alam, dan Lahat.

Adapun bibit pohon yang ditanam adalah jenis Multy Purpose Tree Species (MPTS) seperti pinang, alpukat, Durian, pala, dan damar.

Gerakan Menanam Bibit Pohon di OKU

Dalam gerakan ini pihaknya mengerahkan seluruh warga binaan JBI yang tersebar di enam kabupaten tersebut untuk bersama-sama menanam bibit pohon agar program berjalan maksimal.

"Fokus penanaman di lahan kritis akibat perambahan hutan liar, agar dapat kembali produktif dan kembali menjadi kawasan hutan yang hijau," ujarnya.

Membuat Lahan Kritis Menjadi Produktif

Melalui program ini, Hendra berharap bisa memproduktifkan lahan yang kritis agar menjadi perhutanan sosial sekaligus menjadikan alam sekitar tetap hijau dan lestari.

"Kegiatan ini sesuai dengan misi JBI yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan. Sekali lagi Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan mari kita bertindak nyata untuk bumi," ujar Hendra.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.