Kabut Asap Menyelimuti Sebagian Wilayah Mukomuko, Diduga Akibat Kebakaran Lahan Gambut
Kebakaran lahan (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kabut asap sejak beberapa terakhir menyelimuti sebagian wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diduga akibat kebakaran lahan gambut di wilayah tersebut.

"Saya hingga kini belum jelas informasinya. Saya perkirakan sumber kabut asap ini berasal dari kebakaran lahan gambut di wilayah satuan pemukiman (SP) VII Desa Rawa Mulya," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, instansinya sebelumnya menyampaikan surat kepada kepala desa dan camat agar melaporkan kebakaran lahan gambut dan hutan di wilayahnya, tetapi sampai sekarang belum ada.

Menurutnya, kehadiran kabut asap yang menyelimuti wilayah ini pada pagi hari selain dikeluhkan oleh masyarakat, termasuk aparatur sipil negara di komplek perkantoran pemerintah setempat dan Kejaksaan Negeri setempat.

"Kami sudah sampaikan kepada Kejari, kami telah menyurati kepala desa dan camat di daerah ini tetapi sampai sekarang belum ada laporan baik dari warga maupun dari kades, bagaimana kami menindaklanjutinya," ujarnya.

Upaya Pemadaman Lahan yang Terbakar di Bengkulu

Ia menyatakan, yang jelas sepanjang lokasi lahan dan hutan yang terbakar bisa masuk mobil, maka diupayakan untuk dilakukan pemadaman lahan yang terbakar tersebut.

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan kabut asap tersebut menyelimuti daerah ini pada pagi bersifat sesaat, setelah itu kabut asap tersebut hilang setelah matahari terbit.

Dampak Kabut Asap Karhutla di Bengkulu pada Kesehatan 

Sementara itu, warga Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya Japri mengatakan kabut asap yang tidak sedap dari setiap wilayah pada pagi hari membuat mata memandang, asap tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

"Kami juga belum tahu kabut asap ini berasal dari kebakaran lahan atau hutan karena di wilayah kami tidak ada kebakaran lahan, tetapi biasanya bau asap ini berasal dari kebakaran lahan gambut," ujarnya pula.

Ia mengatakan, kabut yang yang menyelimuti wilayah ini mengganggu pandangan karena jarak pandang kendaraan yang melintas di jalan wilayah ini menjadi pendek.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.