Dua Sapi di Belitung Suspek PMK, Berikut Gejalan yang Dialami
DKPP Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah dua ekor sapi di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) diduga suspek penyakit mulut dan Kuku (PMK).

"Sampai ini ada dua ekor sapi di Belitung yang kami nyatakan suspek PMK. Sapi tersebut sebelumnya didatangkan dari luar daerah," kata Kepala DKPP Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, dua ekor sapi tersebut saat ini sudah dipisahkan dari hewan ternak lainnya dan di tempatkan di kandang lain, sehingga gejala tersebut tidak meluas kepada hewan ternak lainnya.

"Pemilik sudah mengisolasi sapi yang suspek PMK ke kandang terpisah dari hewan ternak lain dan diberikan obat-obatan untuk menjaga kondisi kesehatan," ujarnya.

Gejala Sapi yang Mengalami PMK

Destika menambahkan, gejala yang dialami dua ekor sapi tersebut adalah kondisi kuku melepuh serta mulut mengeluarkan lendir.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mengambil sampel dua ekor sapi tersebut dan mengirimkan ke laboratorium di Provinsi Lampung guna memastikan apakah terpapar PMK atau tidak.

"Hasil dari pemeriksaan laboratorium tersebut akan diketahui beberapa hari ke depan," katanya.

Tips Mencegah PMK bagi Peternak Sapi

Dia mengimbau, peternak dapat senantiasa menjaga kebersihan kandang guna mengantisipasi penyebaran PMK.

"Kami sudah memberikan cairan disinfektan kepada peternak untuk disemprotkan di kandang guna mengantisipasi PMK," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.