Polres OKU Tangkap Pelaku Pembunuhan di Desa Bandar Agung, Ternyata Ini Motifnya
Polres OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Seorang pelaku pembunuhan dengan korban Zulkifli warga Desa Bandar Agung, Lubuk Batang, berhasil ditangkap oleh Poltres OKU, Sumatera Selatan. Korban yang berinisial JA (47) diringkus pada 5 Maret 2022.

AKBP Danu Agus Purnomo, Kapolres OKU, terkuaknya kasus pembunuhan itu berkat petunjuknya ditemukan telepon genggam milik korban yang digunakan oleh salah seorang warga setempat. Berdasarkan petunjuk tersebut akhirnya polisi melakukan penyelidikan mendalam hingga memperoleh hasil mengenai identitas tersangka.

"Tersangka kami tangkap di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (14/4)," kata AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Selasa.

Setelah mengetahui identitas pelaku, kata dia, petugas kemudian melacak keberadaan pelaku yang diketahui berada di Makassar.

"Setelah dilakukan cek dan ricek ternyata tersangka merupakan residivis yang berulang kali keluar masuk penjara," ujarnya.

Dari penangkapan itu, polisi polisi beberapa bukti antara lain dua unit telepon genggam milik korban, satu unit sepeda motor Revo Fit, satu buah parang bergagang kayu milik pelaku yang diduga digunakan untuk membunuh korban.

"Tersangka kami amankan dan akan dijerat dengan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan atau pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun atau seumur hidup atau hukuman mati," kata Kapolres. 

BACA JUGA:


Motif Pembunuhan di OKU

Sementara itu, tersangka JA, warga Desa Bandar Agung mengaku dirinya nekat membunuh korban karena kesal tidak mau membayar hutang kepadanya.

"Korban ada utang dengan saya Rp5 juta. Ia akan membayar sebanyak-banyaknya dengan cara memberikan kelapa sawit satu ton. Namun ternyata korban susah sekali ditagih utang," ungkap pelaku.

Kronologi Tindak Pembunuhan di OKU

Usai membunuh korban, mengaku langsung kabur melarikan diri dengan sepeda motornya ke Arah Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu.

"Di Baturaja sepeda motor saya jual. Lalu saya naik bus ke Pelabuhan Bakauheni dan selanjutnya ke bandara di Jakarta dan terbang ke pesawat menuju Makassar," tulisnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait