Rusia Blokir Instagram! Kini Bikin Aplikasi Rossgram Sebagai Penggantinya
Rusia blokir Instagram (Foto dari REUTERS)

Bagikan:

PALEMBANG - Aplikasi Rossgram diluncurkan oleh Rusia. Industri teknologi di negara dengan judul beruang putih tersebut membuat Rossgram untuk pengganti Instagram yang diblokir di negara.

Peluncurkan Rossgram bakal dilakukan pada Kamis, 28 Maret, dikutip dari Reuters. Aplikasi ini tidak hanya untuk berbagi foto, tapi juga memiliki layanan berbayar dan urun dana.

"Rekan saya Kirill Filimonov dan kelompok pengembang kami sudah siap dengan peristiwa ini dan tidak ingin melewatkan kesempatan membuat jejaring sosial versi Rusia tersebut, oleh anak bangsa," kata direktur hubungan masyarakat Rossgram, Alexander Zobov.

Mengenal Aplikasi Rossgram Rusia

Zobov membagikan foto di platform Vkontakt tentang Rossgram, pilihan warna dan tata letak aplikasi tersebut mirip Instagram.

Rusia beberapa waktu belakangan sedang gencar mengembangkan teknologi dalam negeri, salah satunya ponsel AYYA T1 buatan konglomerasi Rostec. Pada November 2021, Gazprom Media meluncurkan Yappy, platform mirip TikTok.

Rusia Memblokir Aplikasi Instagram

Regulator komunikasi Rusia Roskomnadzor memblokir Instagram sejak pekan lalu karena Meta Platforms, perusahaan induk Instagram dan Facebook, mengizinkan unggahan bernada kebencian tentang Rusia.

Meta alasan adalah salah mencegah mengekspresikan kebebasan mereka atas invasi Rusia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.